Adsense

Iklan

Bank Aceh Imbau Nasabah Waspada Penipuan Modus Minta Informasi Pribadi

REDAKSI
11/20/22, 23:18 WIB Last Updated 2022-11-20T16:18:36Z


Banda Aceh - Bank Aceh mengingatkan para nasabah untuk mewaspadai penipuan bermodus phising atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu ATM secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan.

Hal itu disampaikan Pimpinan Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh, Said Zainal Arifin, Sabtu 19 November 2022.

“Sehubungan dengan adanya pihak-pihak yang melakukan upaya-upaya penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh melalui Surat Bank Aceh, komunikasi WA, SMS maupun akun sosisal media lainnya, maka diharapkan seluruh nasabah Bank Aceh senantiasa untuk berhati-hati dan tidak menghiraukannya,”kata Said Zainal Arifin.

Dikatakan, Bank Aceh tidak pernah meminta Kode OTP, password, PIN, Kode Aktivasi maupun informasi pribadi apapun kepada nasabah.

Informasi tersebut, menurut dia, merupakan privasi yang hanya boleh diketahui oleh nasabah.

Said Zainal Arifin menjelaskan, akhir-akhir ini marak modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh.

Salah satu penipuan yang saat ini sedang terjadi adalah pihak Bank Aceh mengubah tarif transfer bank lain Rp. 6.500 per transaksi diubah menjadi tarif Rp.150.000,- perbulan (auto debit dari rekening tabungan unlimited transaksi) yang diedarkan melalui Surat yang dibuat serupa Pengumuman Resmi Bank Aceh yang ditandatangani oleh pihak Bank Aceh dan Otoritas Jasa Keuangan.

Penipuan dilakukan melalui sebaran informasi bahwa Bank Aceh meminta konfirmasi setuju/tidak setuju untuk tarif baru tersebut dengan meminta klik link yang akan mengarah ke chat WA.

Selanjutnya, pelaku meminta nasabah untuk mengisi data pengguna mobile banking seperti username, password, Mobile PIN, nomor kartu ATM dan PIN ATM.

Said Zainal Arifin menegaskan bahwa Bank Aceh tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. Surat dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut sangat merugikan pihak Bank Aceh.

Ia juga menyarankan kepada seluruh nasabah agar jangan pernah memberikan informasi kredensial seperti PIN ATM, Mobile password dan mobile PIN melalui media apapun. “Jangan pernah memberikan informasi penting dengan alasan apapun kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Menurut Said Zainal Arifin, Bank Aceh belum melakukan perubahan terhadap tarif baru untuk transfer transaksi kepada bank lain.

Selain itu, ia meminta nasabah melakukan konfirmasi ke Bank Aceh jika mendapatkan informasi yang bersumber dari pihak lain, sehingga tak dimanfaatkan oleh pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, ia juga menyarankan agar nasabah dan masyarakat melakukan konfirmasi ke Contact Center Bank Aceh di 1500845 atau mendatangi kantor cabang terdekat terhadap informasi produk maupun promosi Bank Aceh.

Adapun saluran informasi resmi terhadap Bank Aceh dapat di akses melalui Website www.bankaceh.co.id, telefon di nomor (0651) 22966, Instagram di @bankacehofficial, Youtube: Bank Aceh Official, Twitter: @bankacehsyariah dan Tiktok di @bankaceh_official.

Sementara alamat email resmi Bank Aceh adalah divisi.cotary@bankaceh.co.id.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bank Aceh Imbau Nasabah Waspada Penipuan Modus Minta Informasi Pribadi

Terkini

Adsense