Iklan

Laju inflasi di Banda Aceh Menurun dari 7,85 Menjadi 6,92 Persen

REDAKSI
11/04/22, 02:52 WIB Last Updated 2022-11-03T19:52:34Z
Banda Aceh - Laju inflasi Kota Banda Aceh menurun. Setelah pada September lalu tercatat mengalami inflasi sebesar 7,85 persen sebagai dampak kenaikan harga BBM, pada Oktober kembali turun menjadi 6,92 persen. Di samping itu, Banda Aceh juga mengalami deflasi 0,49 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq yang tengah berada di Palembang, Sumatra Selatan, untuk mengikuti acara Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Rabu, 2 November 2022.

“Saya mendapat laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa inflasi year on year Banda Aceh pada Oktober turun menjadi 6,92 persen dibanding bulan sebelumnya 7,85 persen. Lalu secara month to month kita juga mencatatkan deflasi 0,49 persen,” ujarnya.

Menurut Kabiro Perencanaan dan Kerja Sama BNPP ini, tingkat inflasi di Ibukota Provinsi Aceh terbilang rendah dan masih terkendali, “Bila dibandingkan banyak daerah lain di Indonesia, kita masih aman. Pada Agustus sebelum kenaikan BBM kita mengalami deflasi 0,32%. September terjadi inflasi yang dipicu kenaikan BBM. Namun Alhamdulillah masih terkendali dan sekarang kita mengalami deflasi,” ujar Bakri Siddiq.

Katanya, hasil tersebut tak terlepas dari upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banda Aceh yang secara kontinyu melakukan berbagai upaya sehingga inflasi tetap terkendali. “Ini patut kita syukuri di tengah ancaman resesi dunia dan kenaikan harga komoditas.”

Katanya lagi, Pemko Banda Aceh bersama segenap stakeholder terkait juga terus meluncurkan program-program pengendalian inflasi, mulai dari operasi pasar hingga memastikan distribusi barang berjalan lancar.

“Menutup tahun ini, kita akan terus berupaya keras agar inflasi terus terkendali dan tidak fluktuatif lagi. Kita bekerja sesuai arahan pemerintah pusat agar penangan inflasi jadi prioritas. Dukungan masyarakat juga sangat berarti dalam pencapaian positif ini,” katanya. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Laju inflasi di Banda Aceh Menurun dari 7,85 Menjadi 6,92 Persen

Terkini

Adsense