Adsense

Iklan

Polres Aceh Barat Gelar Latihan SAR terbatas dan Simulasi Pertolongan Orang Tenggelam

REDAKSI
11/11/22, 16:41 WIB Last Updated 2022-11-11T09:41:35Z
Aceh Barat - Guna meningkatkan kemampuan personel saat melaksanakan tugas, Polres Aceh Barat mengelar pelatihan Search and Rescue (SAR) terbatas, bertempat di pantai Lhok Geudong, Gampong Suak Indrapuri Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. 

Kegiatan pelatihan ini merujuk kepada Surat Telegram Rahasia Kapolda Aceh Nomor : STR/261/X/OPS.2/2022 tentang antisipasi secara dini bahaya banjir atau genangan air dan bencana longsor guna melakukan langkah-langkah penanganan secara terpadu.

Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, S.I.K., melalui Iptu Karianta selaku instruktur mengatakan bahwa latihan ini dilaksanakan sebagai upaya kesiapan personel Polres Aceh Barat dalam tugas SAR terbatas yang salah satunya memberikan pertolongan serta penyelamatan terhadap korban hanyut atau tenggelam.

Beberapa materi latihan yang diperagakan diantaranya cara memberikan pertolongan pertama dan bantuan korban tenggelam, cara mengevakuasi jenazah, dan kemampuan taktis yang berkaitan dalam pencarian dan pertolongan korban di air. 

"Diharapkan dengan adanya latihan ini personel akan terbiasa dan mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan dan penyelamatan korban tenggelam," ujar Iptu Karianta. 

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan secara kontinu dan berkala untuk memberikan kemampuan penyelamatan korban tenggelam serta evakuasi bila terjadi musibah banjir di Aceh Barat," pungkasnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Aceh Barat Gelar Latihan SAR terbatas dan Simulasi Pertolongan Orang Tenggelam

Terkini

Adsense