Iklan

Tingkatkan Ketangguhan Keluarga dalam Menghadapi Bencana, BPBA Gelar Jambore Katana

REDAKSI
11/14/22, 18:53 WIB Last Updated 2022-11-14T11:53:44Z
Banda Aceh - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) selenggarakan Jambore Keluarga Tangguh Bencana (Katana) tahun 2022 yang akan berlangsung selama tiga hari,14-16 November 2022.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP, yang diwakili oleh Sekretaris BPBA, Ir. Muhammad Syahril, MM sekira pukul 9.30 WIB pagi tadi yang digelar di kawasan Wisata Pantai Alue Naga, Senin (14/11/2022).

Turut hadir pada acara pembukaan antara lain Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBA, Bobby Syahputra, SE, M.Si. 

Dalam laporannya Kasi Kesiapsiagaan BPBA, Fazli, SKM, M.Kes mengatakan Jambore yang  digelar selama tiga hari itu melibatkan 80 peserta berasal dari Gampong Tibang, Gampong Alue Naga, Gampong Deah Raya dan Gampong Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.

"Kami menghadirkan nara sumber berasal dari BPBA, Dinkes Aceh, SAR Aceh, FPRB- Aceh dan Psikodista Banda Aceh serta Fasilitator berasal dari BPBA dan FPRB Aceh," ungkap Fazli.

Kata Fazli Jambore nantinya akan di isi dengan pemaparan materi terkait penanggulangan bencana, sesi tanya jawab dan permainan edukasi penanggulangan bencana. 

Mengingat bahwa keluarga merupakan kelompok terkecil yang paling rentan menderita karena bencana. Oleh karena itu, mereka diharapkan untuk mampu menghindari atau mengurangi risiko bencana.

Sekretaris BPBA Ir. Muhammad Syahril.MM dalam sambutannya  mengharapkan kegiatan jambore ini dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan ketangguhan keluarga dalam menghadapi bencana.

"Seandainya saja warga Aceh mengetahui dan memahami risiko serta bagaimana mereka merespon, korban tidak akan banyak seperti saat tsunami tahun 2004 silam," ungkapnya.

Menurutnya, pengetahuan kebencanaan menjadi sangat penting sebagai salah satu tahap menuju Katana. Selanjutnya setiap keluarga diharapkan memiliki rencana darurat keluarga yang dapat dipraktekkan. 

Syahril juga meminta bahwa setiap dari kita harus siaga setiap saat dan di manapun kita berada.

Terakhir Syahril mengucapkan  terima kasih kepada semua pihak yang aktif terlibat dalam acara tersebut seperti geuchik dan warga setempat yang telah mengizinkan wilayahnya sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Katana.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Ketangguhan Keluarga dalam Menghadapi Bencana, BPBA Gelar Jambore Katana

Terkini

Adsense