Iklan

Tim Pengadilan Tinggi Lakukan Pengawasan ke Pengadilan Tipikor/ PN Banda Aceh Kelas I A

REDAKSI
12/27/22, 22:43 WIB Last Updated 2022-12-27T15:43:12Z
Banda Aceh - Empat Hakim Tinggi didampingi Panitera dan Sekretaris PT Banda Aceh melakukan pengawasan ke Pengadilan Tipikor/PHI PN Banda Aceh, Senin - Selasa 26 sampai 27 Desember 2022. 

Tim yang dipimpin oleh Hakim Tinggi Syamsul Qamar, MH, didampingi oleh Dr. Taqwaddin, Firmansyah, MH., dan M. Joni Kemri, SH serta didukung oleh Ramdhani, SH., Ridwan, S.H.,M.H., dan Laila Bahtra Husein.

Syamsul Qamar sebagai ketua Tim Pengawas menyampaikan maksud tujuan dan fungsi dilakukannya pengawasan. 

“Kami ingin mengetahui bagaimana realitas faktual pelaksanaan  pelayanan peradilan di PN Banda Aceh meliputi semua aspek ; baik teknis yudisial, manajerial, kepaniteraan maupun aspek adminitrasi dan anggaran. Semua itu kami cermati untuk kami berikan feed back berupa solusi dan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh pimpinan dan semua warga PN Banda Aceh”, ujar Syamsul Qamar yang belasan tahun lalu pernah berkarir sebagai hakim di PN tersebut. 

Semua anggota tim dibagi tugas untuk mengawasi dan memeriksa bidang-bidang yang sesuai dengan kompetensinya sesuai Surat Tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi (KPT). 

Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, R. Hendral, MH, yang membawahi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) didampingi semua hakim serta pejabat struktural dan fungsionalnya menyambut ramah kedatangan tim pengawas dari Pengadilan Tinggi Banda Aceh di Gedung Pengadilan Tipikor, Banda Aceh. 

“Secara umum kinerja PN Banda Aceh sudah baik. Pelayanan publik melalui PTSP pun cukup baik, sekalipun kondisi kantor masih bersifat sementara. Kami menemukan beberapa persoalan teknis yang harus ditindaklanjuti oleh Pimpinan dan semua hakim PN Banda Aceh”.

“Saya minta kepada semua hakim dalam membuat amar putusan, mesti didukung dengan pertimbangan-pertimbangan yang mantap dan menjadi dasar amar putusan. Jangan kering. Silakan gunakan teori-teori hukum, jurisprudensi, hasil rapat pleno kamar, dan lain-lain. Sehingga, putusan yang anda berikan akan benar-benar adil dan bermanfaat bagi warga masyarakat”, saran Syamsul Qamar   

Menyahuti saran dan solusi dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda), Ketua PN Banda Aceh menegaskan akan menindaklanjuti semua rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Hatiwasda.

 “Kami akan menindaklanjuti semua saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Hatiwasda. Kami akan laksanakan dan koreksi semua kekurangan dalam waktu 7 hari kerja. Insya Allah”, pungkas R. Hendral, hakim kelahiran 1970 dengan santun (TW).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Pengadilan Tinggi Lakukan Pengawasan ke Pengadilan Tipikor/ PN Banda Aceh Kelas I A

Terkini

Adsense