Iklan

Hasil Kesepakatan Kongres, NR Icang Rahardian SH Tetap Menakhodai IWO Indonesia

REDAKSI
2/09/23, 14:15 WIB Last Updated 2023-02-09T07:15:07Z
Medan - Kongres Perdana Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) yang di gelar di Saka Hotel Kota Medan Sumatera Utara. Dibuka secara resmi oleh Ketua Umum IWO-I NR.Icang Rahardian.SH, Rabu (08/02/2023) Pukul 21.00 Wib.

Kongres tersebut dihadiri Dewan Pembina dan jajaran tinggi IWO Indonesia. Sebanyak 13 Rombongan Dewan Perwakilan Wilayah ( DPW ) IWO-I dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IWO-I Kabupaten Kota dari berbagai Provinsi turut  meramaikan acara akbar IWO-I di Sumatera bagian Utara tersebut.

Acara Kongres HUT IWO Indonesia ke 5 itu bertepatan dengan  momen Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023.
Gegap gempita mewarnai Kongres Perdana HUT Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO Indonesia) ke 5 saat Ketum IWO Indonesia membakar semangat para peserta Kongres. Dengan yel yel khas IWO Indonesia.

Dalam pidato nya, Ketua Umum NR. Icang Hardian, SH mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada segenap  Perwakilan DPW dan DPD yang hadir.

Pada momentum itu, Ketum IWO Indonesia juga mengisahkan Deklarasi terbentuknya IWO Indonesia pertama kalinya pada tahun 2018 di Provinsi Sumatera Barat dan sekaligus melaporkan pertanggungjawabannya selama memimpin IWO Indonesia dari tahun 2018 hingga 2023.

Babah Icang, sapaan akrab kedekatan Ketum IWO-I terhadap seluruh anggota IWO-I di Nusantara ini, dengan lantang membakar semangat membela hak hak Jurnalis yang membutuhkan perlindungan dan kesejahteraaan yang selama ini jauh dari kata layak sebagai satu pilar kekuatan bangsa yang berperan penting dalam mengawal kemajuan bangsa dan negara.

Hadirnya IWO Indonesia sebagai peradaban baru, sebagai wadah Perjuangan, wadah belajar, wadah mengadu dan wadah berlindung dengan tujuan membangun Peradaban baru bagi Jurnalis se Nusantara.

"Take Line Zero Payment (Nol Pembayaran) dan Motto Jurnalis Terpercaya sebagai komitmen wujud organisasi dengan satu tujuan kesejahteraan Jurnalis se Nusantara Republik Indonesia" papar Babah Icang.

Babah Icang percaya bahwa IWO Indonesia akan menjadi besar karena tempatnya para Jurnalis berlindung ketika mengalami perkara hukum, serta IWO Indonesia menjadikan anggotanya sejahtera.

Selain itu, IWO Indonesia memberikan fasilitas kepada seluruh anggota IWO-I secara gratis semua Logistik ke anggotan, mulai fasilitas baju/kaos, bendera, ID Card, bahkan acara kongres Akbar yang di gelar di Saka Hotel Medan Sumatera Utara.

Hari Pers Nasional di tetapkan setiap tanggal 9 Februari melalui Keputusan Presiden No 5 Tahun 1985 yang di tandatangani oleh Presiden Suharto. HPN di cetuskan di Sumatera Barat demikian juga IWO Indonesia di Deklarasikan di Padang Sumatera barat pada 2018 dengan jarak 40 tahun lahirnya HPN dengan lahirnya IWO Indonesia.

Babah Icang, ketum IWO-I sekaligus merupakan Pendiri IWO Indonesia itu juga mengutip Peringatan HPN yang di peringati setiap tanggal 9 Februari tiap tahunnya tidak terlepas dari peran tokoh Nasional Raden Mas Joko Trihadi Suryo pria kelahiran Blora 1880 sebagai pencetus HPN pada awalnya, yang di kenal sebagai bapak Pers Indonesia dengan karya karyanya sebagai Jurnalis.

HPN di Medan sendiri bagi IWO Indonesia merupakan momen penting dengan mengusung  'Tema menyongsong Verifikasi Dewan Pers'.

"Jika ada yang bilang organisasi tidak harus ikut Verifikasi Dewan Pers, itu sama saja organisasi itu tidak sayang dengan anggotanya. Ketika MOU dengan Kepolisian, Kejaksaan yang Tujuannya adalah bagaimana melindungi hak hak jurnalis untuk tidak di ganggu oleh para penguasa, para penjahat yang menginjak injak harkat dan martabat Jurnalis," terang Icang.

Pada momen tersebut pula babah  Icang  melaporkan pertanggung jawabannya, antara lain :

Pada 2018 dan 2019 menyiapkan regulasi dan sistem dari perekrutan anggota hingga peradilan. 

Tahun 2019 dan 2020 telah menyiapkan program program unggulan yang bisa di terima insan Pers di Seluruh Nusantara. 

Sepanjang 2020 dan 2021 DPP memfokuskan penanggulangan bencana Covit-19 yang di naungi Presiden Jokowidodo.

Pada 2022 dan 2023 mempersiapkan pelantikan Pengurus baik tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/kota.

" Kami juga menyiapkan baju gratis bagi seluruh anggota. Kami juga mempersiapkan internet bagi masyarakat yang akan di kelola oleh seluruh DPW dan DPD seluruh Indonesia. Kita juga sudah membangun 2 Tower BTS di Kota Prabumulih (Provinsi Sumatra Selatan. 

Demikian yang bisa saya laporkan, selanjutnya saya serahkan kepada Dewan Pendiri untuk memilih dan menentukan Ketum yang baru," Pungkas Icang Rahardian,SH.

Selanjutnya dari hasil kesepakatan Kongres seluruh DPW dari berbagai Provinsi tetap menginginkan NR. Icang Rahardian, SH Kembali menahkodai IWO Indonesia Periode 2023 - 2028.
Dan hal itu di tuangkan dalam Surat Keputusan No. 001/kongres 1/KDP-IWOI//II/2023.
Keputusan Dewan Pendiri Ikatan Wartawan Online Indonesia dalam Kongres 1 di Kota Medan Provinsi Sumatra Utara.(Redaksi).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hasil Kesepakatan Kongres, NR Icang Rahardian SH Tetap Menakhodai IWO Indonesia

Terkini

Adsense