Iklan

DPKA Kembali Raih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2023

REDAKSI
5/23/23, 12:16 WIB Last Updated 2023-05-23T05:16:09Z
Banyuwangi - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) kembali meraih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2023 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan nilai predikat “Terbaik”.

Anugerah tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra,S.STP, MSP, dalam acara puncak seremonial peringatan Hari Kearsipan ke 52 Tahun 2023, di Hotel El-Royal, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa 23 Mei 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, S.STP, MSP, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala ANRI Imam Gunarto.

Dr. Edi Yandra, S.STP, MSP mengatakan, Aceh telah meraih penghargaan simpul jaringan terbaik nasional selama 3 tahin berturut - turut sejak 2020 lalu.

“Ini membuktikan kerja keras kita dalam dunia kearsipan, kita ingin mengembalikan kejayaan arsip di Aceh,”kata Edi Yandra.

Ia menjelaskan, Anugrah Simpul Jaringan Terbaik 2020 diberikan pada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, dan BUMN. Penilaiannya dilakukan melalui beberapa tahapan simpul nasional terbaik, dengan penilaian portofolio, prestasi, persentasi dan wawancara, validasi, serta kunjungan lapangan.

Dalam penilaian itu, kata dia, panitia penyelenggara menyeleksi 307 peserta Jaringan Simpul Nasional (JSN). Kemudian dipilih menjadi 28 terbaik, lalu menjadi 10, dan terakhir menjadi 5 terbaik nasional.

Dr. Edi Yandra, S.STP, MSP menambakan pencapaian prestasi ini didapat dari komitmen pemerintah daerah masing-masing provinsi dan kabupaten/kota dalam mengelola kearsipan di daerahnya.

Apalagi di era Revolusi Industri 4.0 ini, masyarakat membutuhkan informasi yang didapat secara mudah dan cepat sehingga SIKM dan JIKN bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan masyarakat.

Menurutnya, JIKN ini suatu portal yang dibangun pemerintah, diamanatkan oleh undang-undang agar semua kementerian dan lembaga di daerah bisa meng-upload arsipnya di dalam portal tersebut.

"Dengan demikian, arsip bisa terintegrasi satu sama lain dan dipersembahkan secara maksimal kepada masyarakat,"tutupnya.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPKA Kembali Raih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2023

Terkini

Adsense