Iklan

Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Nagan Raya Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak

REDAKSI
5/15/23, 20:17 WIB Last Updated 2023-05-18T00:18:38Z
Nagan Raya - Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H.,S.I.K. menghadiri puncak penanaman 5000 pohon mangrove Nasional yang berlangsung secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia di kawasan wisata pantai Desa Pulo Kec. Kuala Pesisir Kab. Nagan Raya, Senin (15/5/23). Kegiatan ini juga menyukseskan program puncak penaman mangrove nasional bersama Presiden.

Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H.,S.I.K. melalui Kasi Humas Ipda Fauzi Adha, S.E. menyampaikan aksi penanaman Magrove dengan tema Magrove for life ini merupakan bagian dari sinergitas TNI-Polri untuk melestarikan lingkungan. Sebab, Sangat berdampak positif bagi masyarakat dan dapat menghijaukan kawasan pantai.

“Mangrove ini memiliki peran ekonomis yang besar bagi kehidupan manusia dalam rangka menumbuhkan ekosistem alam dan juga mencegah abrasi laut,” ujarnya.

"Dilokasi ini ada sejumlah 5000 bibit mangrove yang ditanam, Mangrove tidak hanya menjadi tempat tinggal berbagai jenis flora dan fauna, tetapi melindungi wilayah pesisir dari dampak kerusakan akibat angin kencang, gelombang pasang dan abrasi pantai,” ucapnya.

Dia menambahkan, upaya penanaman Mangrove ini memiliki dampak jangka panjang yang sangat positif bagi lingkungan.

“Kita semua berperan penting sebagai agen perubahan yang berkelanjutan untuk lingkungan dengan bergotong royong kita bisa mencapai tujuan bersama dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati pesisir,” ujarnya

Dari segi manfaat, akar mangrove diketahui dapat memperlambat pergerakan air pasang surut, menyebabkan sedimen mengendap dari air dan membangun dasar berlumpur. Hutan mangrove juga dapat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut Selain itu, sambungnya, penanaman mangrove juga bagus untuk mengurangi laju erosi atau pengikisan tanah yang menyebabkan hilangnya unsur hara dan kesuburan tanah, serta mencegah abrasi di wilayah pesisir.

“Semoga penanaman pohon mangrove ini bisa bermanfaat, baik untuk Aceh secara umum atau masyarakat Aceh wilayah pesisir,”

“Saya berharap kita semua menyadari pentingnya menjaga memulihkan ekosistem, mari kita jadikan penanaman mangrove ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya kesadaran lingkungan bagi generasi untuk masa mendatang,” tuturnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Nagan Raya Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak

Terkini

Adsense