Iklan

30 PNS UIN Ar-Raniry Terima Satyalencana Karya Satya

REDAKSI
1/03/24, 21:13 WIB Last Updated 2024-01-07T04:15:03Z


Banda Aceh - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyerahkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 30 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia yang berlangsung di Lapangan Biro Rektor kampus setempat, Rabu (3/1/2024)

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan HAB Ke-78 tahun 2024 tersebut, Kegiatan Kemenag ini mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Ummat.” 


Dalam rangkaian kegiatan tersebut Prof Mujib turut menyerahkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi 30 PNS UIN Ar-Raniry yang dilakukan serentak secara nasional bagi 10.198 PNS di lingkungan Kemenag RI.

Amanat tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dibacakan Prof Mujib, mengajak seluruh jajaran kemenag untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita Kementerian Agama yang dibentuk pada tahun baru yaitu 3 Januari 1946 tersebut.


"Spirit ganda (tahun baru dan peringatan tanggal dibentuk) ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh ummat beragama,” ujarnya.


Lebih lanjut, Prof Mujib menyebutkan bahwa kemenag adalah institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan sehingga tugasnya tidaklah ringan. 

“Di antara tugas berat kemenag adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh ummat beragama,” ungkapnya.


Prof Mujib menambahkan, Kemenag RI juga  memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

“Bekal pandidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan ummat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan,” pungkas Prof Mujib.

Untuk diketahui, Sebanyak 30 PNS yang menerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya di lingkungan UIN Ar-Raniry terdiri dari 5 orang dengan masa bakti 30 tahun, 10 orang masa bakti 20 tahun, dan 15 orang masa bakti 10 tahun. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Sivitas Akademika UIN Ar-Raniry ini turut dimeriahkan dengan kegiatan donor darah. ***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 30 PNS UIN Ar-Raniry Terima Satyalencana Karya Satya

Terkini

Adsense