Iklan

Polisi Turut Dampingi Etnis Rohingya yang Mulai Bersaksi di PN Jantho

REDAKSI
3/07/24, 09:26 WIB Last Updated 2024-04-06T18:16:56Z



Banda Aceh - Penyeludupan Manusia atau People Smuggling terhadap 137 etnis rohingya mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Jantho - Aceh Besar, Rabu (6/3/2024).


Dalam perkara tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta Satreskrim Polresta Banda Aceh menghadirkan para saksi yang menjadi korban People Smuggling.


Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kasatreskrim Kompol Fadillah Aditiya Pratama menjelaskan, hari ini kami mendampingi kehadiran para saksi - saksi dalam perkara penyelundupan manusia etnis rohingya.


" Sebanyak 10 etnis rohingya kami hadirkan sebagai saksi dalam perkara penyelundupan manusia yang melibatkan Kapten Kapal MA, Wakil Kapten Kapal MAH dan Teknisi Kapal HB, " ujar Fadillah.


Kehadiran Polisi dalam mendampingi para saksi bertujuan menjamin keamanan  terhadap mereka dalam memberikan keterangan kepada JPU, tambahnya. 


Disisi lain, dalam suatu perkara pidana, kehadiran saksi sangatlah penting. Seorang saksi dapat memberikan keterangan yang mana keterangannya tersebut akan berguna dalam penyidikan, penuntutan, dan peradilan, sambung Fadillah. 


Oleh karena itu, setelah mereka memberikan keterangan, tentunya kami akan mengembalikan  atau mengantar mereka kembali ke Gedung Balee Meuseuraya Aceh guna bergabung lagi bersama etnis rohingya lainnya, pungkasnya.


*Peran MA, MAH dan HB dalam Kasus Penyeludupan Manusia*


Polresta Banda Aceh yang telah menetapkan pengungsi Rohingya berinisial MA (35) yang mendarat di Aceh Besar sebagai tersangka penyelundup manusia. Dia membawa 136 orang ke Tanah Rencong dengan ongkos masing-masing Rp 14 juta hingga Rp 16 juta.


Dalam pemeriksaan diketahui, MA membawa 136 pengungsi dari kamp penampungan di Cox's Bazar Bangladesh. 


Sementara itu, Wakil Kapten Kapal MAH dan Teknisi Kapal HB juga telah ditetapkan sebagai tersangka atas perannya dalam membantu MA disaat penyelundupan tersebut, pungkasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polisi Turut Dampingi Etnis Rohingya yang Mulai Bersaksi di PN Jantho

Terkini

Adsense