Iklan

Pangdam Iskandar Muda Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

MohdS
6/01/24, 12:41 WIB Last Updated 2024-06-01T05:41:09Z



Banda Aceh – Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. (Han) menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Aceh, Sabtu (01/06/24).


Upacara ini dipimpin langsung oleh PJ Gubernur Aceh, Bapak Bustami Hamzah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam kesempatan tersebut, beliau membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Dalam amanat yang disampaikan,  bahwa pada hari ini tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati sebagai Hari Lahir nya Pancasila, Hari bersejarah ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama sekali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).


Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini menekankan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang Maju, Mandiri, dan Berdaulat.


Keberadaan Pancasila dianggap sebagai Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi Inklusivitas, Toleransi, dan Gotong royong. Keberagaman yang ada di Indonesia adalah berkah yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.


"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga memerlukan keteladanan yang tercermin dari Etika, Integritas, dan Karakter para pemimpin serta rakyat Indonesia," ujar Pj. Gubernur dalam amanatnya.


"Mengakhiri amanat ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni ini. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang Maju, Adil, Makmur dan Berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai bersama ini."


Turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut Forkopimda Provinsi Aceh, Kabinda Aceh, Danlanud SIM, Danlanal Sabang serta seluruh para tamu undangan tersebut alamat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam Iskandar Muda Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Terkini

Adsense