Iklan

Gelar Latihan Posko I, Kodim Aceh Selatan Siap Membantu Pemda Menangani Karhutla

REDAKSI
6/16/20, 11:00 WIB Last Updated 2021-03-19T13:47:31Z
Latihan Posko I tahun 2020 di Kodim 0107/Aceh Selatan

NOA | Aceh Selatan – Untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi khususnya pelaksanaan komando pengendalian operasi latihan, jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan latihan Posko  I tahun  2020.

Dalam amanat Danrem 012/TU, Kolonel Inf Aswadi, SE, yang dibacakan Kasi Ops Korem 012/TU, Letkol Inf Dimar Bahtera, S, Sos, M,A,P, di Makodim Aceh Selatan, menyebutkan, pelatihan tersebut sekaligus menjadi standar penilaian bagi komando untuk menilai tingkat kemampuan satuan dihadapkan dengan tantangan tugas ke depan.

“Dimana kesiapan satuan senantiasa dituntut baik pada tugas operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang,” kata Dimar, Selasa (16/6/2020).

Kesiapan satuan, lanjutnya, akan terwujud manakala satuan tersebut selalu mengasah kemampuannya dengan cara belajar dan berlatih secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

"Karena itu latihan Posko I  Kodim 0107/Aceh Selatan ini dititik beratkan kepada materi bantuan TNI kepada Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam Karhutla terutama dalam hal pengarahan - pengarahan unsur TNI," ujar Dimar.

Tugas yang diemban Kodim, sambung Letkol Dimar, sebagai Komando kewilayahan dalam menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggara pertahanan Negara maupun kepentingan pembangunan nasional daerah, memerlukan kinerja yang proposional dalam rangka menciptakan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh, kondusif bagi terselenggaranya tugas pokok.

"Saya berharap dan menekankan kepada Kodim 0107/Asel sebagai satuan kewilayahan selalu meningkatkan intensitas komunikasi dan bersinergi dengan satuan dan instansi terkait lainnya, sehingga akan mempersempit ruang gerak elemen-elemen tertentu yang ingin menghancurkan situasi dan mendapatkan keuntungan bagi kepentingan bagi kepentingan kelompok,” tegas Dimar.

Selain itu, Dimar menambahkan, terus meningkatkan hubungan yang harmonis antar instansi yang selama ini telah terbina dengan baik, harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan sehingga mampu mengatasi berbagai kendala di wilayah tersebut secara bersama-sama.

“Laksanakan kegiatan latihan ini dengan penuh kesungguhan rasa tanggung jawab dan suasana yang komunikatif serta ambil manfaat yang sebesar-besarnya dalam latihan ini,” tegas Dimar.

Pada kesempatan itu, Dimar juga menyebutkan, kesalahan yang diperbuat dalam latihan tersebut harus dijadikan sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga, sehingga kesalahan yang serupa tidak akan terulang dalam pelaksanaan operasi bantuan penanggulangan bencana yang sebenarnya.
Kegiatan latihan ini turut hadir, Pa Ahli Kodam IM Bidang OMSP, Kolonel Arm Ery Revlisa, Kasdim 0107/Asel, serta para perwira jajaran Korem 012/TU. (MUS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gelar Latihan Posko I, Kodim Aceh Selatan Siap Membantu Pemda Menangani Karhutla

Terkini

Adsense