Iklan

Plt Kadisdik: Kita Terus Benahi Pendidikan Aceh Agar Makin Banyak yang Lolos SNMPTN, Diterima Kerja dan Mandiri

REDAKSI
12/26/20, 20:39 WIB Last Updated 2020-12-26T13:39:19Z
NOA | Banda Aceh - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri mengajak semua pihak yang terlibat langsung dalam mewujudkan Aceh Carong untuk berkerja sungguh-sungguh agar mutu pendidikan Aceh makin meningkat.



“Ukurannya seperti yang disampaikan Sekda Aceh, makin banyak yang lolos perguruan tinggi, diterima di dunia kerja dan bisa mandiri,” tegas Alhudri dalam pertemuan silahturahmi dengan 83 pejabat struktural, 203 pengawas, 811 kepala sekolah dan 20.750 guru SMA/SMK/SLB, Sabtu (26/12).


Dalam pertemuan secara daring itu, Sekda Aceh, dr Taqwallah, M. Kes ikut memberi arahan yang sifatnya memotivasi sehingga para pejabat, pegawas, kepsek dan guru bersedia berkerja lebih untuk memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di Aceh.


“Mari kita jalankan amanah yang ada pada kita dengan baik untuk memperbaiki terus mutu dan kualitas pendidikan Aceh sebagai bagian dari perwujudan program Aceh Carong,” kata Sekda Aceh.


Perhatian terhadap pendidikan Aceh pernah disampaikan dari Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Samsul Rizal, MEng.


Dalam acara “Dialog Tanah Rencong untuk Pendidikan Aceh,” diselenggarakan Forum Masyarakat Aceh se-Pulau Jawa (Formaja) secara virtual, Sabtu (16/5/2020), lalu disebut bahwa rangking kualitas pendidikan di Aceh masih cukup jauh tertinggal, berada di urutan 25.


Mengacu kepada data yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Bulan April lalu, Aceh menempati urutan kelima provinsi yang terbanyak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN.


Disampaikan, ada sebanyak 5.132 peserta dari Provinsi Aceh yang berhasil lulus pada SNMPTN tahun 2020. Angka lulus ini meningkat jika dibandingkan siswa yang lolos SNMPTN tahun 2019 yang hanya sebanyak 4.226 peserta atau selisih sebanyak 906 peserta.


Berikut 10 besar wilayah dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos SNMPTN 2020 yang dikutip dari berbagai sumber.


Provinsi Jawa Timur sebanyak 13.803 peserta
Provinsi Jawa Barat sebanyak 9.932 peserta
Provinsi Sumatera Utara sebanyak 8.771 peserta
Provinsi Jawa Tengah sebanyak 7.147 peserta
Provinsi Aceh sebanyak 5.132 peserta
Provinsi Sumatera Barat sebanyak 4.246 peserta
Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 3.836 peserta
Provinsi Riau sebanyak 3.421 peserta
Provinsi DKI Jakarta sebanyak 3.363 peserta
Provinsi Lampung sebanyak 2.815 peserta
Plt Kadisdik Aceh, Alhudri juga menyapa secara daring kepsek dan guru dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. Dari ruang rapat Sekda Aceh, Alhudri mengajak semua pejabat struktural, pengawas, kepsek dan guru untuk bahu membahu berkerja dan berikhtiar serta berdoa untuk terus membenahi pendidikan di Aceh.


“Ikuti dan laksanakan semua yang sudah disampaikan oleh Pak Sekda tadi, Insya Allah ada hasilnya,” tutup Alhudri yang ikut didampingi staf khusus Wiratmadinata. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Kadisdik: Kita Terus Benahi Pendidikan Aceh Agar Makin Banyak yang Lolos SNMPTN, Diterima Kerja dan Mandiri

Terkini

Adsense