Adsense

Iklan

Desa Lampoh Drien Maksimalkan Dana Desa Untuk Pengaspalan Jalan

REDAKSI
1/02/21, 11:54 WIB Last Updated 2021-05-29T14:10:01Z

 

Pekerja sedang mengerjakan pengaspalan jalan dusun Durian di Gampong Lampoh Drien, Susoh

NOA | Abdya - Dana Desa (DD) yang telah dialokasikan untuk Gampong Lampoh Drien, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil terserap. Anggaran dari pe­merintah pusat itu selain dialokasikan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat juga untuk pembangunan infrastruktur.


Pembangunan infrastruktur itu di anta­ranya pengaspalan jalan desa (jaldes) di Gampong setempat sesuai Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dana Desa (DD) Gampong Lampoh Drien, Tahun Anggaran 2020, pos anggaran pembangunan gampong sebesar Rp. 160.700.000 juta dipergunakan untuk pembangunan jalan berupa pengaspalan jalan poros di Dusun Durian.


”Untuk penyerapan Dana Desa ini kita pergunakan untuk pengaspalan jalan poros, salah satunya di Dusun dengan panjang 205,5 meter, ” sebut Keuchik Gampong Zulhairi melalui Sekdes Ampidin didampingi bendahara Gampong, Rosminur, Sabtu (2/1/2021).


Menurutnya, pengaspalan jalan di Dusun Durian itu dilakukan karena sebelumnya, kondisi aspal jalan sudah rusak, mengelupas dan berkerikil. Sehingga membahayakan para pengguna jalan.


Ia pun berharap, dengan selesainya pengaspalan jalan tersebut akan membantu melancarkan mobilitas warga khususnya warga Dusun  dalam beraktivitas, terutama dalam mengangkut hasil bumi dari kawasan tersebut.


"Dengan adanya kepercayaan pemerintah pusat kepada pemerintahan desa untuk mengelola anggaran ternyata memang sangat efektif untuk proses percepatan pembangunan yang dimulai dari desa. Manfaatnya pun juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," aku Ampidin.


Seperti halnya Dana Desa yang bersumber dari APBN ini, lanjutnya, manfaatnya sangat terasa bagi masyarakat. Sebab penggunaannya sudah dipastikan tepat sasaran karena sebelum digunakan, masyarakat sudah menyepakatinya kalau Dana Desa akan digunakan untuk membangun fasilitas yang diinginkan semua masyarakat.


“ Warga sangat berharap jalan mulus karena banyak anak sekolah yang setiap hari melintas serta banyak petani yang membawa hasil bumi. Mudah-mudahan pula dengan mulusnya akses jalan ini dapat meningkatkan tarap perekonomian warga agar lebih sejahtera,” pungkas Ampidin.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Lampoh Drien Maksimalkan Dana Desa Untuk Pengaspalan Jalan

Terkini

Adsense