Iklan

Bupati Tgk Amran : Jaga Fasilitas Pamsimas

REDAKSI
3/21/21, 13:38 WIB Last Updated 2021-05-29T13:59:03Z
Dok. Ist

NOA | ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S.Pd.I, meresmikan proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Gampong Tengah Iboh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, pada Sabtu 20 Maret 2021. 


Proyek Pamsimas di Gampong Tengah Iboh ini salah satu dari 8 lokasi proyek Pamsimas yang tersebar dibeberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan yang bersumber dari Dana APBN Tahun Anggaran 2020.


Adapun Gampong yang mendapat proyek Pamsimas yaitu, Gampong Hulu Pisang dan Bakau Hulu Kecamatan Labuhan Haji, Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Sawang, dan Gampong Gadang Kecamatan Samadua, Gampong Pucuk Krueng dan Ladang Teungoh Kecamatan Pasie Raja, serta Gampong Cot Bayu Kecamatan Trumon Tengah. 


Selain itu, terdapat pula proyek Pamsimas yang bersumber dari Dana APBK Aceh Selatan, yang dilaksanakan di Gampong Alur Kejruen Kecamatan Kluet Tengah, dan Gampong Jambo Papeun Kecamatan Trumon Tengah, Minggu (21/3/2021). 


Bupati Tgk. Amran dalam sambutannya menyampaikan, ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Apabila tidak dijaga dengan baik tentunya akan menjadi barang langka dimasa yang akan datang. 


"Maka keberadaan Program Pamsimas di tengah masyarakat kiranya dimanfaatkan dengan baik, dengan bersama-sama menjaga fasilitas yang telah dibangun," tuturnya.


Selanjutnya, Tgk. Amran juga menyampaikan bahwa penyediaan air bersih merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Sebab program Pamsimas merupakan salah satu program andalan Kementerian PUPR yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat di pedesaan. Selain pembangunan fasilitas, program ini juga melibatkan konsultan pendamping yang juga didanai melalui APBN. 


"Jalur koordinasi pelaksanaan program Pamsimas di kabupaten adalah melalui Bappeda, Dinas Perkim, DPMG dan Dinas Kesehatan," jelas Tgk Amran.


Acara turut berhadir Camat Labuhan Haji Barat, H. Said Suhardi, S.Pd, Kabid Perencanaan Pembangunan Bidang Sarpras Bappeda Syaiful Kamal ST. MT., konsultan pendamping, serta perwakilan dari masyarakat penerima manfaat. (RED)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tgk Amran : Jaga Fasilitas Pamsimas

Terkini

Adsense