Iklan

Curah Hujan Ekstrem, Tiga Gampong Di Tangse Dilanda Banjir

REDAKSI
3/28/21, 15:00 WIB Last Updated 2021-03-28T12:05:27Z

 

Banjir yang terjadi di kawasan Tangse


NOA | Tangse - Banjir kembali terjadi di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Minggu (28/3/2021), sekira pukul 15.30 wib, disebabkan salah satu faktor tingginya curah hujan yang terjadi saat ini.



Kepada m-noa.com, Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha mengatakan, curah hujan di awal tahun 2021 ini tergolong ekstrem.



"Hujan di awal tahun ini tergolong ekstrem, dan melanda beberapa wilayah Kabupaten Pidie, bahkan ada yang menyebabkan banjir dan tanah longsor,"  kata Dandim.



Dandim melanjutkan, akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan air sungai meluap dan meluas ke pemukiman-pemukiman penduduk hingga menyebabkan banjir.



"Banjir terjadi di Gampong Peunalom I, Gampong Peunalom II dan Gampong Layan, Kecamatan Tangse," terang Dandim.



Pada kesempatan itu, Dandim melanjutkan, meskipun sudah terjadi banjir, saat ini masyarakat masih berada dirumahnya, belum ada yang mengungsi. 



"Tetapi kita siagakan personel terdekat Koramil 16/Tangse Kodim 0102/Pidie, bersiaga untuk membantu warga ketika air terus naik," aku Dandim.



Personil Koramil 16/Tangse, lanjutnya, telah bekerja siang dan malam bersama unsur kepolisian dan dibantu Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Pidie, untuk membantu masyarakat dan membuang puing-puing lonsoran tanah, batu dan pepohonan yang menutupi badan jalan Geumpang-Beurnuen.



"Namun yang utama adalah keselamatan masyarakat dulu, saat ini Babinsa telah menghimbau kepada masyarakat melalui pengeras suara di Masjid dan Meunasah, agar masyarakat yang tinggal di daerah rendah dan potensi banjir agar lebih waspada dan bila ada informasi yang disampaikan tentang potensi banjir atau lonsor segera mengevakuasi diri ketempat yang lebih aman, guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan," ungkap Dandim.(AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Curah Hujan Ekstrem, Tiga Gampong Di Tangse Dilanda Banjir

Terkini

Adsense