Iklan

Pemkab Abdya Tiadakan Tradisi Meugang

REDAKSI
4/06/21, 10:00 WIB Last Updated 2021-05-29T13:59:03Z

 

Tradisi Meugang (penyembelihan hewan ternak) menjelang puasa dan hari Raya di Abdya


NOA l Abdya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) tahun ini meniadakan pelaksanaan tradisi Meugang, hal itu sehubungan dengan situasi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang belum stabil.



Himbauan Bupati Abdya tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 450/452/2021, tanggal 5 April 2021 tentang pelaksanaan Meugang tahun 1442 H/2021 Masehi yang ditandatangani Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. 



Himbauan untuk tidak melaksanakan tradisi Meugang atau penyembelihan hewan ternak yang sering dilaksanakan di bantaran sungai Krueng Beukah Desa Keude Siblah Kecamatan Blangpidie dan di Lapangan bola kaki Desa Seunulop Kecamatan Manggeng, yang diprediksi jatuh pada hari minggu tanggal 11 April 2021.




Lebih lanjut Bupati Abdya mengatakan bagi masyarakat atau pedagang yang melakukan kegiatan pemotongan dan penjualan daging dapat dilaksanakan dilingkungan desa masing-masing.



Juga dianjurkan ditempat yang aman, bersih dan tidak menganggu arus lalu lintas serta tidak bergabung antara satu pedagang dengan pedagang yang lainnya.



Kemudian kata Akmal, bagi pemilik ternak agar memastikan hewan yang akan dipotong sehat dan bebas dari penyakit menular yang dibuktikan dengan surat kir kesehatan ternak yang dikeluarkan oleh dinas terkait.



Dalam himbauan tersebut Bupati Akmal juga melarang daging segar atau daging beku dari wilayah lain selain ternak yang dipotong dalam wilayah Abdya.



Masyarakat juga dihimbau untuk selektif memperhatikan kualitas daging atau menanyakan surat kesehatan ternak yang dijual. 



Terakhir, para Camat dalam wilayah Abdya dimintakan untuk bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan agar melakukan pemantauan bagi masyarakat yang melaksanakan pemotongan ternak.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Abdya Tiadakan Tradisi Meugang

Terkini

Adsense