Iklan

Alhamdulillah, Aceh Masuk Urutan 8 Daftar Provinsi dengan Peserta Terbanyak Lulus SBMPTN

REDAKSI
6/15/21, 09:53 WIB Last Updated 2021-06-15T02:57:48Z
NOA | Banda Aceh – Pendidikan Aceh kembali bersinar, berdasarkan pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Provinsi Aceh berada pada posisi delapan terbanyak meluluskan siswa/i pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Adapun jumlah siswa/i Aceh yang mendaftar pada SBMPTN tahun 2021 yaitu 16.767 peserta dari jumlah itu sekitar 6.888 peserta atau 41 persennya dinyatakan lulus.


Informasi tersebut disampaikan Ketua Tim Pelaksana Eksekutif LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi pers melalui zoom meeting dan kanal youtube resmi LTMPT, Senin (14/6/2021).


Menanggapi masuknya Aceh dalam 10 besar nasional yang lolos SBMPTN, Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT secara khusus memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pencapaian dan keberhasilan tersebut. 


Apresiasi itu ditujukan Nova Iriansyah kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Aceh dan khususnya kepada warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, komite sekolah dan orang tua murid. 


“Luar biasa kerja keras warga sekolah untuk mendorong para siswanya agar dapat lulus di Perguruan Tinggi Negeri. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan selamat atas kesuksesan ini,” ujar Gubernur Aceh.


Secara terpisah Kadis Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama perguruan tinggi untuk dapat bersinergi guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Aceh kedepan.


“Hasil yang kita peroleh ini tidak terlepas dari kerja keras para warga sekolah, meskipun dalam masa pendemi Covid-19 namun prestasi anak didik kita untuk lulus ke perguruan tinggi negeri sudah sangat baik,” ujarnya.


Kadisdik berpesan agar prestasi ini dapat terus ditingkatkan agar prestasi-prestasi lainnya juga dapat terwujud kedepannya. 


“Marilah kita bersama-sama bersinergi untuk membangun pendidikan mulai jenjang SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Ini satu rangkaian besar yang saling berkaitan,” ujarnya.


Selain melalui jalur SBMPTN, Pemerintah juga membuka seleksi melalui jalur undangan atau lebih dikenal  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Melalui jalur ini, Aceh juga masuk dalam 10 besar provinsi yang diterima di perguruan tinggi. 


Dari 15.290 peserta yang mendaftar, sebanyak 5.626 peserta diterima atau sebesar 36.80 persen.


Berdasarkan informasi tersebut, jumlah lulusan SMA dan SMK dari Aceh yang telah diterima di perguruan tinggi negeri adalah 12.514.


Dengan rincian 5.626 (37%) peserta diterima masuk dari SNMPTN dan 6.888 (41%) melalui jalur SBMPTN.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pembinaan GTK, Muksalmina, M.Si meminta kepada para kepala sekolah dan guru agar tetap melakukan pendampingan dan pendataan bagi anak didiknya yang sudah diterima di perguruan tinggi, baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN.


“Biasanya setelah keluarnya pengumuman SBMPTN ini akan banyak pihak yang mencoba melakukan penipuan dengan membuat situs pendaftaran palsu. Kita meminta peran aktif para guru untuk mendampingi anak didiknya saat mendaftar ke perguruan tinggi pilihannya agar tidak menjadi korban penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.,” pintanya.


Sebelumnya Ketua Tim Pelaksana Eksekutif LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi pers menyebutkan total daya tampung yang disediakan tahun ini pada SBMPTN sebanyak 197.657 peserta. Sedangkan jumlah peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 184.942 peserta.


Muhammad Nasih mengumumkan ada 10 provinsi dengan jumlah peserta terbanyak diterima pada SBMPTN 2021. Secara nasional Provinsi Jawa Timur menjadi posisi pertama dengan jumlah 25.232 peserta, posisi kedua Jawa Barat 18.899 peserta dan Jawa Tengah di posisi ketiga dengan jumlah 16.104 peserta.


Selanjutnya, Sumatera Utara 14.331 peserta, DKI Jakarta 9.526 peserta, Sulawesi Selatan 9.372 peserta, Sumatera Barat 8.028 peserta, Aceh 6.888 peserta, Lampung 5.374 peserta, dan Sumatera Selatan 5.113 peserta.


Sementara untuk persentase peserta secara nasional yang diterima berdasarkan jurusan, yaitu Bidang Sains dan Teknologi (Saintek), Aceh menduduki peringkat ke 7 dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 16.767 dan yang lulus 3.442 atau 20,53 persen. 


Sedangkan Bidang Sosial dan Humaniora (Soshum), Aceh menduduki peringkat ke 9 dengan jumlah peserta 16.767 yang lulus 3.446 orang atau 20,55 persen. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alhamdulillah, Aceh Masuk Urutan 8 Daftar Provinsi dengan Peserta Terbanyak Lulus SBMPTN

Terkini

Adsense