Iklan

Dewan Minta Satgas Covid-19 Dibubarkan, Begini Respon Bupati Abdya

REDAKSI
6/04/21, 11:00 WIB Last Updated 2021-06-05T03:32:56Z

 

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH


NOA l Abdya - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) meminta Satgas Covid-19 Kabupaten setempat dibubarkan.



Permintaan dibubarkannya Satgas Covid-19 Kabupaten Abdya itu disampaikan Ketua Komisi D, Ikhsan Jufri kepada sejumlah media pada Kamis (3/6/2021) lalu.



Menurutnya,  lebih baik pemerintah Kabupaten Abdya membubarkan  satgas Covid-19. Sebab, selama ini masyarakat dikekang dengan aturan yang ketat sedangkan warga asing dibiarkan melenggang masuk.



"Sebaiknya Satgas Covid-19 di Abdya dibubarkan saya, aturan dibuat, mudik dilarang sedangkan orang luar melenggang bebas masuk ke Abdya," ungkap Ikhsan.



Menanggapi hal itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengatakan, tidak ada kaitan petugas Covid-19 Kabupaten/kota dengan kehadiran Tenaga kerja Asing (TKA) asal Cina di Kecamatan Babahrot, kabupaten setempat.



"Sebab, izin masuk mereka dikeluarkan oleh instansi vertikal imigrasi, bukan dari Satgas Covid-19," tulis Bupati Akmal disalah satu kolom komentar Facebook pada Jumat (4/6/2021).



Lebih lanjut, Bupati mempertanyakan kaitan antara Satgas Covid dengan tenaga kerja asing, sedangkan izin masuk mereka itu dari instansi vertikal, imigrasi. 



"Apa kaitannya dengan Satgas Covid-19 dengan TKA, pengawasan orang asing itu tugas polisi, nah terus tugas tim covid apa," kata Bupati Akmal.



Ketika ada TKA asing masuk ke satu kabupaten/kota, kata dia, peran Tim Covid adalah melakukan pemeriksaan apa mereka membawa virus corona atau bersih. "Saya cek sama tim Covid-19 sudah mereka lakukan tugasnya itu," ujar Akmal.



Meskipun demikian, lanjut Akmal, terkait permintaan anggota DPRK yang minta Tim Covid-19 dibubarkan, Bupati Akmal akan melihat aturan dulu. “Jika boleh maka nanti akan dibubarkan. Ini untuk menghormati usul dewan,” katanya.



Selagi pihaknya melihat aturan, sambungnya, silahkan hubungi imigrasi dan Polres Abdya untuk mempertanyakan kenapa mereka kasih izin masuk dan ke polres tanya bagaimana pengawasan mereka.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Minta Satgas Covid-19 Dibubarkan, Begini Respon Bupati Abdya

Terkini