Iklan

Korban Phishing Datangi Kantor Kredivo Usai Dikejar Debt Collector

REDAKSI
12/25/21, 13:30 WIB Last Updated 2021-12-25T06:30:29Z

Jakarta - Puluhan korban kejahatan phishing kembali mendatangi kantor operasional perusahaan pembiayaan PT FinAccel Finance Indonesia atau Kredivo di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Jumat, 24 Desember 2021. Mereka berharap limit tagihan yang membengkak akibat penipuan itu tak lagi ditagih oleh para debt collector.


Sebelumnya, para pengguna Kredivo ini menjadi korban tersebut masuk ke perangkap hacker setelah dihubungi via telepon, dengan berdalih memberikan promo, bonus, atau hadiah. Tak lama kemudian, para korban malah mendapat tagihan membengkak atas pembelian barang via platform dagang-el (e-commerce) Bukalapak.


Salah satu korban, Qodri mengaku limitnya didebit oleh penipu hingga Rp 16 juta. Pria berusia 25 tahun ini bercerita bahwa dua minggu lalu sudah sempat mendatangi kantor Kredivo untuk melakukan mediasi bersama beberapa rekan lain. Saat ini outstanding yang diakibatkan penipuan dari beberapa rekan tersebut telah dihapus oleh pihak Kredivo.


Kedatangan Qodri ke kantor Kredivo kali ini untuk menyerahkan bukti-bukti tambahan. "Saya kemarin belum sempat menyerahkan bukti-bukti. Sekarang ini mau melengkapi, supaya tagihan yang asli dari saya dengan tagihan dari penipu itu dipisah, supaya bisa dihapus seperti teman-teman lain," ujarnya saat ditemui, Jumat, 24 Desember 2021.


Ia menyatakan bahwa dirinya memang aktif menggunakan Kredivo dan masih memiliki tagihan. Penipuan terjadi kemudian terjadi ketika penipu menelepon Qodri untuk menawarkan hadiah. Inilah yang menyebabkan dirinya percaya dan terjerat oleh penipu.


"Ketika ditelpon, dia (penipu) bisa menyebutkan kalau saya masih punya tagihan dengan benar, data pribadi saya juga benar. Gimana enggak percaya?" ujar Qodri.


Oleh karena itu, ketika diminta mengunjungi link (website) penipuan, Qodri mengikutinya. "Akhirnya, saya justru dapat tagihan pembelian handphone seharga Rp 14 jutaan dan raket yang harganya juga jutaan buat dia," katanya.


Cerita lain disampaikan oleh Doni. Pria berusia 45 tahun yang sehari-hari berprofesi sebagai driver ojek online memberanikan diri kembali mendatangi kantor Kredivo bersama beberapa rekannya demi mendapatkan keadilan.


"Dari puluhan korban, sudah ada beberapa orang yang clear (dilunasi) duluan. Menurut saya, Kredivo jangan tanggung-tanggung kalau membereskan masalah. Kasihan yang tagihannya masih ada itu masih diteror debt collector, mereka yang lunas sudah enak," kata Doni.


Doni sudah diterima untuk mediasi oleh pihak Kredivo yang tengah melakukan investigasi internal. Doni dan beberapa kawannya berharap pihak Kredivo tetap melanjutkan itikad baik ini agar oknum penipu cepat tertangkap, karena dirinya juga melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.


"Saya dan 8 orang sudah melapor sendiri ke Polda Metro Jaya, dan kasusnya berjalan. Kabarnya Kredivo juga melapor, jadi bagus, supaya penipu ini cepat diungkap. Karena kami yakin ini satu komplotan," tutur Doni.


Ia berharap masalah antara Kredivo dengan para pengguna juga bisa segera diselesaikan. "Karena ini kan berpengaruh ke BI Checking kita," katanya.


Doni berharap Kredivo tak pandang bulu untuk menuntaskan kasus para nasabah, karena dirinya takut kasus ini turut membawa dampak buruk ke riwayat kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Pasalnya, kata Doni, banyak pula korban yang tengah berniat mengajukan pembiayaan baru untuk mencicil rumah atau kendaraan, jadi terhambat akibat riwayat kreditnya dinilai macet atau bermasalah akibat kasus ini.


Ada juga perwakilan korban yang tagihan atas penipuannya telah dihapus bernama Dian dan Jamal di lokasi. Keduanya kompak mengaku akan terus mendukung Kredivo menyelesaikan kasus ini di ranah kepolisian.


Kredivo sebelumnya telah resmi menjadi pelapor atas tindak pidana siber berupa phishing ke pihak kepolisian. Proses penyelidikan masih dilakukan, dan Kredivo mengaku siap mendampingi para korban untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini.


Soal tuduhan kebocoran data, Kredivo telah melakukan audit mendalam terhadap keamanan sistem data. Hasil audit itu memastikan tidak ada indikasi kebocoran data pengguna pada sistem Kredivo.


"Selain itu, kami juga dapat menjamin keamanan data pengguna dalam sistem Kredivo yang telah terenkripsi dengan sangat baik, tidak terkecuali bagi karyawan internal," ujar Indina Andamari, VP Marketing & Communication Kredivo dalam keterangan resmi.**

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Korban Phishing Datangi Kantor Kredivo Usai Dikejar Debt Collector

Terkini

Adsense