Adsense

Iklan

Pemerintah Aceh Sampaikan Selamat Atas Partisipasi Guru se-Aceh Sukseskan Presentasi Buku Kerja

REDAKSI
1/31/22, 22:20 WIB Last Updated 2022-01-31T15:20:49Z


Banda Aceh - Pemerintah Aceh menyampaikan ucapan selamat, terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh tenaga kependidikan di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Aceh. Dimana, sejak 20 hingga 29 Januari 2022 seluruh guru, kepala sekolah, dan pengawas SMA, SMK dan SLB se-Aceh telah menyukseskan presentasi buku kerja yang digagas Pemerintah Aceh. “Buku kerja yang telah dipresentasikan tersebut menjadi pedoman bagi para pihak yang menjalankan tugas kependidikan di Aceh, ” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam keterangannya, Minggu (30/1/2022).


Iswanto menjelaskan, pada tanggal 20 sampai 25 Januari lalu, sebanyak 20.748 guru dan 6.452 wali kelas dari seluruh SMA, SMK, SLB se-Aceh telah melakukan presentasi buku kerja di hadapan kepala sekolahnya masing-masing. Dalam presentasi tersebut mereka menyampaikan kendala dan kebutuhan yang mereka perlukan dalam mengajar, termasuk melaporkan capaian vaksinasi siswa dan pelaksanaan zikir pagi. “Apa yang dipresentasikan oleh para guru dan wali kelas itu, menjadi pedoman bagi kepala sekolah dalam mengontrol dan memimpin sekolah. Inilah tujuan utama dari presentasi buku kerja, ” kata Iswanto.


Selanjutnya, pada tanggal 27 sampai 29 Januari kemarin, giliran 816 kepala sekolah, 158 pengawas, dan 74 Penanggungjawab Struktur Cabang Dinas dan 15 orang Penanggungjawab Struktur dinas pendidikan Aceh yang mempresentasikan buku kerja secara bergilir kepada Sekda Aceh di Kantor Gubernur Aceh.


Iswanto menyebutkan, setidaknya ada lima arahan yang disampaikan Sekda Aceh untuk ditindaklanjuti kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan yang ikut presentasi buku kerja. Pertama adalah meminta jajaran pendidik (jardik) di Aceh khususnya yang berada di bawah koordinasi Pemerintah Aceh, untuk membedah dan memahami benar petunjuk teknis terkait 8 Standar Nasional Pendidikan, Komite Sekolah dan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).


Sekda meminta, agar dana tersebut benar-benar dibelanjakan sesuai petunjuk teknis yang telah ditentukan undang-undang. Hal itu bertujuan agar sasaran penggunaan dana BOS tepat dan tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.


Kemudian, kata Iswanto, dalam setiap arahan presentasi buku kerja, Sekda juga mengingatkan agar ruang belajar di sekolah selalu dalam kondisi bersih, rapi, estetis dan hijau (BEREH). Hal tersebut penting agar kegiatan belajar mengajar di sekolah terasa nyaman baik oleh guru maupun anak didik. “Kepala sekolah juga diingatkan agar memperhatikan murid dengan kondisi sangat miskin dan rentan, jangan sampai ada murid yang berhenti sekolah karena permasalahan finansial, ” ujar Iswanto.


Selain itu, Sekda Aceh juga meminta para kepala sekolah SMA/SMK/SLB, untuk memahami kinerja utama dari jabatan yang mereka emban agar mutu pendidikan meningkat. Sekda mengatakan, salah satu tolak ukur keberhasilan kepala sekolah SMA dapat dengan mudah dilihat dari tingkat kelulusan pada perguruan tinggi negeri. Sementara SMK diukur dari penerimaan di dunia kerja.


Sementara bagi kepala sekolah luar biasa (SLB), salah satu tolak ukur keberhasilan mereka dapat dinilai dari keberhasilan mendidik siswa menjadi pribadi yang mandiri usai menyelesaikan pendidikan di SLB.


Sekda Aceh mengingatkan pentingnya membangun kemitraan dan sinergitas dengan Pemerintah Kota/Kabupaten, termasuk dengan dunia usaha/kerja, organisasi profesi guru seperti dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Guru Indonesia (IGI), Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI), Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), dan lainnya, juga dengan orangtua anak didik.


Terakhir, Sekda Aceh meminta semua Jardik untuk tidak meninggalkan buku dan lembar kerja yang sudah ada yang telah menjadi patron tugas, baik itu bagi pengawas, kepala sekolah, guru maupun wali kelas.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerintah Aceh Sampaikan Selamat Atas Partisipasi Guru se-Aceh Sukseskan Presentasi Buku Kerja

Terkini

Adsense