Adsense

Iklan

Menpora Minta Aceh Persiapkan PON 2024 dengan Matang

Admin
2/24/22, 11:31 WIB Last Updated 2022-02-24T04:32:12Z


Banda Aceh - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali meminta kepada Provinsi Aceh untuk melakukan persiapan secara matang untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024.


Hal itu dikatakan oleh Menpora Amali ketika melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Aceh, mendampingi Komisi X DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X, Abdul Fikri Faqih Rabu (23/2).


"Apa yang sudah disampaikan, saya kira menjadi catatan kami, apalagi Aceh akan menjadi penyelenggara PON ke-21 tahun 2024 yang akan datang, waktunya sangat pendek ini harus dipersiapkan dengan matang supaya acara sukses,” kata Menpora Zainudin Amali, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu (23/2).


“Ini menjadi sejarah pertama penyelenggaraan tuan rumah bersama, harus sejak di awal dan ketetapan hati secara bersama.”


Penyelenggaraan PON dan Peparnas 2024 memang sangat berbeda dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Pasalnya, untuk pertama kalinya ajang multi olahraga paling bergengsi di Indonesia ini akan digelar dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara.


“Karena pionir, tentu harus banyak yang dipersiapkan, apalagi tahun 2024 sudah semakin dekat dan konsentrasi akan banyak terpecah seperti adanya Pilpres, Pileg, dan Pilkada serentak,” tambah Menpora.


Selain mematangkan persiapan, Menpora Amali juga mengingatkan kepada Provinsi Aceh untuk turut menyiapkan cara terkait menjaga seluruh infrastruktur jika PON 2024 telah tuntas diselenggarakan. Politikus Partai Golkar itu tak ingin bila nantinya banyak venue yang terbengkalai karena tidak terencana dengan baik.


"Pasca PON juga bagus buat masyarakat Aceh. Infrastruktur seperti venue harus bisa setelahnya dimanfaatkan terus untuk pembinaan olahraga. Perencanaan pembangunan harus terintegrasi sehingga biaya pemeliharaan nantinya tidak memberatkan daerah. Banyak contoh venue yang mangkrak setelah PON, itu tidak boleh terjadi lagi," tegasnya.


Lebih jauh, Menpora Amali menyampaikan bahwa pihaknya akan segera mengadakan pertemuan dengan sejumlah stake holder, seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, Pemprov Sumut, KONI Pusat, KONI Daerah, dan kementerian terkait untuk mendukung kesuksesan pagelaran PON 2024.


Saya akan rapat dengan Pak Gubernur Aceh dan Pak Gubernur Sumatera Utara, dengan KONI Pusat dan KONI Daerah, akan kita bicarakan seperti apa, yang perlu dan penting adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mendorong kementerian lain untuk memberikan perhatian terkait penyelenggaraan PON sebagaimana yang dilakukan seperti di Papua pada penyelenggaraan PON sebelumnya," tutupnya.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menpora Minta Aceh Persiapkan PON 2024 dengan Matang

Terkini

Adsense