Adsense

Iklan

Aceh Kini Punya Gedung Pusat Penanganan Kanker di RSUDZA Banda Aceh

Admin
3/21/22, 18:59 WIB Last Updated 2022-03-21T14:22:57Z


Banda Aceh - Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kini sudah memiliki gedung onkologi sebagai tempat khusus untuk menangani penyakit kanker.


“Jadi masyarakat tak perlu lagi ke luar Aceh untuk berobat sakit kanker, di gedung ini fasilitas penanganan sudah tersedia dengan baik,” kata Sekda Aceh saat memberi arahan secara virtual kepada seluruh ASN yang ikut kegiatan zikir dan doa pagi, dari Gedung Onkologi RSUDZA, Senin, (21/3/2022).


Dikatakannya, setelah acara zikir berlangsung gedung tersebut diresmikan oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Dalam kesempatan itu, ia meminta para dokter dan perawat yang menangani pasien kanker untuk menceritakan tugasnya kepada peserta zikir. Salah satu pasien kanker juga ikut menceritakan riwayat sakit yang dialaminya.


Sementara itu, Direktur RSUDZA, dr. Isra Firmansyah mengatakan, tingginya kasus kanker dan pasien yang harus dirujuk ke luar Aceh menjadi alasan mengapa pembangunan gedung onkologi tersebut dibutuhkan.


“Di Aceh ada sekitar 10.800 jiwa yang mengalami sakit kanker,” kata dr. Isra.


Ia menyatakan, Kanker yang paling mendominasi di Aceh adalah kanker payudara, kemudian ovarium dan Limfoma NonHodgkin.


Adapun fasilitas yang tersedia di Gedung Onkologi RSUDZA meliputi ruang rawat inap, rawat jalan, kemoterapi, bedah, Radiologi Diagnostik, Patologi Anatomi dan berbagai fasilitas pengobatan kanker lainnya.


Gedung yang memiliki empat lantai itu juga memiliki 16 poliklinik onkologi, empat kamar operasi, ruang ICU, HCU, dan VIP.**"

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aceh Kini Punya Gedung Pusat Penanganan Kanker di RSUDZA Banda Aceh

Terkini

Adsense