Iklan

Brigjen Iwan Gantikan Mayjen Widi Sebagai Danjen Kopassus

REDAKSI
3/29/22, 20:58 WIB Last Updated 2022-03-29T14:00:05Z



Jakarta - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali merombak sejumlah posisi di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD) dengan mengganti posisi Danjen Kopassus. Sebelumnya, posisi ini ditempati oleh Mayjen TNI Widi Prasetijono.


Mayjen Widi digantikan oleh kepada Waaslat KSAD bidang Kermamil, Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan.


Rotasi jabatan ini dibenarkan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna. Ia menyebut memang ada mutasi jabatan di lingkungan TNI AD yang dilakukan Panglima TNI pada jabatan Danjen Kopassus.


"Terkait mutasi jabatan Pati (Perwira Tinggi) di Lingkungan TNI AD termasuk di antaranya Danjen Kopassus, memang benar adanya," ujar Tatang melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/3).


Meski begitu, Tatang menyebut belum ada serah terima yang dilakukan pihak TNI AD terkait mutasi tersebut.


"Saat ini belum dilaksanakan serah terima jabatan. Rilis terkait akan kami sampaikan setelah pelaksanaan sertijab," ucap Tatang.


Tatang menegaskan mutasi adalah hal yang lumrah terjadi di lingkungan TNI. Hal itu dilakukan tak lain untuk mendukung regenerasi hingga pembinaan karier dari tiap prajurit di lingkungan TNI.


"Namun hal tersebut merupakan hal wajar karena diperlukan regenerasi dan pola pembinaan karier Prajurit TNI AD," ucap Tatang.


Mutasi Mayjen Widi terbilang mengejutkan mengingat yang bersangkutan baru pada Januari 2022 menduduki posisi Danjen Kopassus. Widi duduk sebagai Danjen Kopassus sebelumnya menggantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa.


Brigjen Iwan Setiawan sebelumnya menjabat sebagai Komandan Resor Militer 173/Praja Vira Braja yang berada di bawah naungan Kodam XVII/Cendrawasih.


Iwan merupakan perwira militer angkatan 1992. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 16 Februari 1968 itu pernah menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus pada 2008.


Sempat menjadi Danrindam Jaya pada 2015-2016, Iwan kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Danrem 052 Wijayakrama selama dua tahun yakni pada 2016-2018.


Iwan juga pernah dipercaya menjadi Pamen Denma Mabesad 2018-2020 sebelum mengisi posisi Danrem 173/Praja Vira Braja sepanjang 2020-2021. Sebelum akhirnya dipercaya jadi Danjen Kopassus yang baru, Iwan mengisi jabatan Waaslat Kasad bidang Kermamil sejak 2021.


Iwan Setiawan merupakan salah satu perwira yang ikut serta dalam ekspedisi Mount Everest bersama Prabowo Subianto pada 1997 lalu. Kala itu Iwan masih berpangkat lettu, sementara Prabowo sebagai Danjen Kopassus.


Sementara, Mayjen Widi Prasetijono yang digantikan Iwan menjabat sebagai Danjen Kopassus sejak 21 Januari 2022. Dia merupakan perwira tinggi TNI AD yang lulus akmil angkatan 1993.


Dia pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo sepanjang 2014-2016 lalu.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Brigjen Iwan Gantikan Mayjen Widi Sebagai Danjen Kopassus

Terkini

Adsense