Adsense

Iklan

BSI Ambil Peran Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Aceh melalui penguatan UMKM

REDAKSI
3/29/22, 07:46 WIB Last Updated 2022-03-29T00:46:33Z

Banda Aceh - PT Bank Syariah Indonesia Tbk berkomitmen untuk mencetak pengusaha dan mendorong pelaku UMKM di wilayah Aceh naik kelas sehingga siap bersaing dengan usaha yang sudah mapan.


Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna di Banda Aceh, Senin mengatakan Aceh dipilih menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Program Talenta Wirausaha BSI karena potensi pengembangan ekosistem halal yang besar.


“Mengingat wilayah ini menerapkan sistem ekonomi syariah yang diatur dalam Qanun Lembaga Keuangan Syariah, menjadi alasan BSI untuk ikut ambil peran dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh melalui penguatan UMKM,” katanya.


Ia menjelaskan Talenta Wirausaha BSI yang diluncurkan perseroan dapat menciptakan Muslimpreneur di Indonesia, karena Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan.


Program tersebut memiliki empat tahapan kegiatan utama yaitu onboarding, workshop (pelatihan dan pendampingan), awarding, dan partnership. Talenta Wirausaha BSI yang diluncurkan oleh BSI diharapkan dapat menciptakan Muslimpreneur di Indonesia.


Program tersebut akan diikuti 5.000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia, di mana tahap on boarding Talenta Wirausaha BSI 2022 di wilayah Aceh digelar di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.


Acara ini dihadiri RCEO BSI Wilayah Aceh Wisnu Sunandar, Komisaris Independen BSI Arif Rosyid Hasan, Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Marwan serta Walikota Banda Aceh Aminullah Usman serta tamu undangan lainnya.

Dalam acara tersebut Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala Dr Hajjul Kamil mengatakan Universitas Syiah Kuala siap mendukung penguatan UMKM salah satunya melalui dorongan sertifikasi halal dan penjualan produk halal.


"Ini sejalan dengan Universitas Syiah Kuala untuk mendorong segenap civitas melalui program kewirausahaan. Untuk itu USK menggandeng berbagai pihak termasuk BSI untuk menjadikan UMKM sebagai fasilitator untuk akses pembiayaan bagi UMKM," katanya.

Ia mengatakan kehadiran BSI diharapkan mampu memfasilitasi para UMKM dalam hal pendampingan dan pendanaan. Maka dengan adanya program Talenta Wirausaha BSI diharapkan mampu merubah sistem hulu hingga hilir agar UMKM naik kelas.


Dalam kesempatan itu BSI juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala. Kerjasama ini mengenai penerimaan pembayaran virtual account melalui fasilitas perbankan secara host to host, dimana dengan adanya kesepakatan ini dapat meningkatkan kapasitas digital serta peningkatan literasi perbankan syariah di lingkungan kampus. (MS/ril).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BSI Ambil Peran Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Aceh melalui penguatan UMKM

Terkini

Adsense