Iklan

Bupati Mawardi Ali Buka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar Tahun 2023

REDAKSI
3/14/22, 20:58 WIB Last Updated 2022-03-14T13:58:05Z


Aceh Besar - Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan di Aula Bapelkes di Kota Jantho, Senin (14/3/2022).


Kegiatan ini dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar tahun 2023.


Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd, Anggota DPRK Dapil I masing-masing Nasruddin M Daud, H Mustafa, dan Nabhani.


Selain itu, juga hadir sejumlah Kepala OPD, Kabag Prokopim Setdakab Aceh Besar Zayadinur SSTP, Camat Kota Jantho Azhar SSos.

Kemudian para keuchik dan tokoh-tokoh masyarakat dalam Kecamatan Kota Jantho.


Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, menyebutkan Pemkab Aceh Besar terus berupaya membangun infrastruktur di segala sektor.

Termasuk sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, dan sektor-sektor lainnya.


Pembangunan tersebut dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan mengurangi pengangguran, kemiskinan, serta meningkatkan sumber daya manusia.


Bupati menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Besar tahun 2021 sudah membaik dibandingkan tahun 2020.


Berdasarkan data dari BPS Aceh Besar, pertumbuhan ekonomi Aceh Besar tahun 2020 yang tercatat 0,31 persen meningkat pada tahun 2021 menjadi 2,44 persen.


“Perlu diketahui, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di Kabupaten Aceh Besar juga mengalami peningkatan dan telah melebihi target yang telah ditetapkan.


Tahun 2021, IPM Aceh Besar tercatat 73,58 persen. Pencapaian IPM tersebut sudah melebihi IPM Provinsi Aceh yang tercatat sebesar 72,18 persen,” sebut Bupati.


Menurut Ir Mawardi Ali, walaupun sudah melebihi dari target yang ditetapkan, Pemkab Aceh Besar tetap berupaya melakukan berbagai inovasi di berbagai sektor pembangunan.

Terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.


Di samping itu, jelas Bupati Aceh Besar, pihaknya menargetkan akselerasi pembangunan pada tahun 2023.


Khususnya terhadap sektor infrastruktur pelayanan dasar untuk mengurangi beban masyarakat sebagai upaya percepatan penurunan angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi.


Namun demikian, pihaknya menyadari tugas Pemkab Aceh Besar tahun mendatang sangat berat dalam upaya menyejahterakan masyarakat.


Oleh karena itu, perlu adanya sinergisitas seluruh stakeholder dan partisipasi masyarakat untuk membangun bersama Kabupaten Aceh Besar.


Saat ini, Pemkab Aceh Besar juga telah memprioritaskan beberapa program pembangunan tahun 2023.


Di antaranya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mengatasi dampak sosial pandemi Covid-19, peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing.


Kemudian reformasi dan tatakelola pemerintahan dan pemantapan pelaksanaan Syariat Islam dan keistimewaan Aceh.


Bupati Aceh Besar melanjutkan, prioritas pembangunan perlu didanai dengan berbagai sumber anggaran, baik dari APBN maupun APBK sesuai prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Aceh.


Dalam kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali kembali mengajak seluruh OPD agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.


Sebab, kinerja pelayanan masyarakat merupakan standar yang menjadi tolok ukur kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah.


Sementara itu, Camat Kota Jantho, Azhar SSos menjelaskan, Musrenbang untuk Kecamatan Kota Jantho itu diikuti para keuchik, perangkat gampong, tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh perempuan.


“Kita sudah menghimpun sekitar 61 usulan program prioritas dari berbagai gampong di Kecamatan Kota Jantho.

Mudah-mudahan keinginan masyarakat ini dapat tertampung melalui Musrenbang.


Musrenbang ini bertemakan peningkatan infrastruktur yang terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Kabupaten Aceh Besar,” demikian Azhar SSos.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Mawardi Ali Buka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar Tahun 2023

Terkini

Adsense