Adsense

Iklan

Dinas Sosial Aceh Gelar Bimtek Adopsi Anak

Admin
3/23/22, 13:42 WIB Last Updated 2022-03-23T06:42:40Z


Banda Aceh - Dinas Sosial Aceh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan adopsi anak yang diikuti oleh peserta perwakilan 23 Kabupaten/kota di Aceh, kegiatan itu berlangsung di hotel Rasamala, Jumat (18/3/2022).


Ketua Panitia pelaksana Zulkarnain, SKM,M.Kes mengatakan, bimbingan teknis adopsi anak yang diikuti oleh pejabat Dinas Sosial Kabupaten/Kota di Aceh bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih untuk para peserta yang merupakan ujung tombak pelaksanaan adopsi anak di daerah masing-masing.


"Kegiatan Bimtek adopsi anak ini kita libatkan unsur Dinas Sosial Kabupaten/Kota yang merupakan ujung tombak penyelesaian proses adopsi anak di daerah," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Aceh telah berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan perlindungan terhadap anak sebagaimana telah tertuang dalam Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.


"Undang-undang ini mengatur tentang berbagai berbagai upaya pemerintah dalam rangka pemenuhan hak anak dan peningkatan kesejahteraan anak, salah satunya adalah memberikan kesempatan bagi orang tua yang mampu untuk melaksanakan pengangkatan anak," ujar Yusrizal.


Mengingat banyaknya penyimpangan yang terjadi dalam masyarakat atas pelaksanaan pengangkatan anak yang dilakukan tanpa melalui prosedur yang benar, juga terjadi pemalsuan data anak, perdagangan anak bahkan adanya praktik jual beli organ tubuh anak.


"Oleh sebab itu pemerintah melahirkan Undang-undang nomor 35 tahun 2014 perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak guna mencegah kemungkinan terburuk bagi anak," tambahnya.


Kepada para peserta, Yusrizal berharap agar benar-benar serius dalam mengikuti pelatihan tersebut agar bisa bekerja sesuai prosedur dalam melindungi generasi Aceh kedepannya. (MS).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Sosial Aceh Gelar Bimtek Adopsi Anak

Terkini

Adsense