Adsense

Iklan

Dirjen PHU Kementerian Agama RI, Resmikan Gedung A1 Asrama Pemondokan Haji dan Umrah UPT Asrama Haji Aceh

Admin
3/11/22, 15:14 WIB Last Updated 2022-03-11T08:15:04Z
Banda Aceh - Gedung A1 Asrama Pemondokan Jamaah Haji dan Umrah UPT Asrama Haji Aceh pada hari ini Jumat 11 Maret 2022 diresmikan kan langsung oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Prof Hilman Latief MA PhD, turut hadir dalam acara peresmian gedung tersebut Ketua Komisi VIII DPR RI H Yandri Susanto SPt, H Saiful Mujab MA Direktur Pelaksanaan Haji Dalam Negeri, Staf Ahli Gubernur Aceh Iskandar Syukri MM MT yg mewakili Gubernur, Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal, SAg MAg, Anggota DPR RI asal Aceh Nazaruddin dan tamu undangan lainnya.

 Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, dalam sambutannya menyatakan sangat terkesan dengan gedung yang diresmikan ini, "saya mencoba langsung menginap satu malam dan merasakan kenyamanan layaknya seperti di hotel berbintang",kata Hilmi.

Selanjutnya  banyak hal yang juga disampaikan oleh Dirjen PHU antara lain terkait pencanangan program Sapa Jamaah Haji (SJH). Hal ini merupakan lanjutan dari rencana Menteri Agama merevitalisasi fungsi masjid.
Upaya yang digulirkan Gus Menteri ini terus-menerus perlu dilakukan agar masjid dapat memperkuat fungsi syiar dan edukasi sekaligus. 

Program Sapa Jamaah Haji ( SJH) adalah merupakan salah satu program unggulan dan Ditjen PHU Kemenag akan segera meluncurkannya.

Hilman menjelaskan, Sapa Jemaah Haji merupakan program edukasi serta pembinaan bagi jamaah. SJH digulirkan sebagai respon atas banyaknya jumlah calon jemaah haji yang saat ini mencapai 5,2 juta orang.
Tak hanya itu, ia juga mengatakan rencana kegiatan ini akan menjadi program pembinaan bagi jamaah selama mereka menunggu jadwal keberangkatan. 

"Selain edukasi dan penguatan literasi haji melalui media elektronik dan digital, SJH juga akan dilakukan melalui masjid-masjid, baik yang berada di asrama haji maupun di tengah-tengah masyarakat," tutup Hilmi.
Sementara Kakanwil Kemenag Aceh menyatakan meskipun dalam suasana pandemi covid-19, antusias masyarakat Aceh dalam mendaftarkan Haji sangat tinggi.

Jumlah pendaftar hingga hari ini ini mencapai 130.558 orang, dengan kuota Aceh pertahun 4.298 orang dengan masa tunggu mencapai 31 tahun.
Disela-sela akhir kegiatan peresmian gedung A1 Asrama Pemondokon Haji dan Umrah ini Drs H Ali Amran MM selaku Kepala UPT  dalam wawancara singkatnya menyampaikan bahwa gedung ini mempunyai fasilitas lengkap, dimana disamping kamar ada juga tersedia ruangan meeting serta ruangan untuk acara-acara resepsi dan lainnya,nantinya gedung ini juga akan dapat dipergunakan oleh masyarakat umum."Masalah harga gedung ini tidak akan terlalu komersil karena kita juga mengutamakan fungsi sosial dalam pengelolaannya",pungkas Ali.(MS).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dirjen PHU Kementerian Agama RI, Resmikan Gedung A1 Asrama Pemondokan Haji dan Umrah UPT Asrama Haji Aceh

Terkini

Adsense