Adsense

Iklan

Alhudri Pimpin Langsung Safari Ramadhan Disdik Aceh di Masjid Syuhada

Admin
4/12/22, 04:22 WIB Last Updated 2022-04-11T21:22:45Z


Aceh Timur - Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Syuhada, Gampong Tanoh Anou, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, Sabtu (09/04/2022). Tim Safari Ramadhan Dinas Pendidikan Aceh ini langsung dipimpin oleh Kepala Dinas, Drs Alhudri MM, dan turut menghadirkan penceramah Tgk. Mutiara Fahmi, dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan program Pemerintah Aceh yang dilaksanakan oleh seluruh SKPA secara serentak pada seluruh kabupaten/kota di Aceh pada 9 April 2022. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini diantaranya pembersihan Masjid, penanaman pohon, shalat tarawih dan tausiah Ramadhan, serta penyerahan cinderamata.


Camat Idi Rayeuk, M. Hasbi, menyambut baik kedatangan Tim Safari Ramadhan Dinas Pendidikan Aceh. Menurut Hasbi sejak pagi hingga sore hari Sabtu, (09/04/2022) telah banyak kegiatan yang bermanfaat dilakukan bersama Dinas Pendidikan Aceh di Masjid Syuhada dalam mewujudkan lingkungan yang Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH). 


"Terimakasih yang tiada terhingga kepada tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dalam hal ini Disdik Aceh. Ini semua sudah kita laksanakan sebagaimana mestinya,” kata Hasbi.


Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, mengatakan bahwa gerakan BEREH sedang giat-giatnya dilakukan Pemerintah Aceh terhadap sekolah-sekolah, tujuannya agar tidak ada lagi lingkungan sekolah yang kumuh dan tidak baik, sehingga proses transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan baik.


Bagi Alhudri, anak-anak Aceh adalah anak-anak yang pintar hanya saja terkadang mereka belum mendapatkan “pengasah” yang tepat termasuk lingkungan yang tidak sehat dan kumuh. “Padahal kalau bagus kita asah didukung dengan lingkungan yang bersih. Insya Allah ia akan tampil kepermukaan, tapi jika didiamkan maka mereka sulit untuk berkembang,” kata Alhudri.


Sementara itu, Tgk. Mutiara Fahmi, dalam ceramahnya menyampaikan urgensi penerapan gerakan BEREH dalam kehidupan sehari-hari, pencegahan Covid-19, maraknya berita hoax hingga bahaya judi online (chip/PUBG) dan peredaran narkoba yang marak di kalangan generasi Aceh saat ini.


“Dalam Islam, salah satu hal yang sangat diperhatikan adalah terkait bersuci atau kebersihan. Kebersihan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh Islam karena ketidakbersihan akan menimbulkan kemudharatan. Karena itu dalam islam disebutkan bahwa kebersihan sebagian dari Iman,” kata Mutiara Fahmi. Oleh karena itu untuk mencegah kemudharatan tersebut salah satu gerakan yang selama ini gencar dilakukan Pemerintah Aceh adalah gerakan BEREH. “Kenapa harus BEREH? karena menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat merupakan prasyarat bagi kemajuan suatu bangsa,” kata Mutiara Fahmi.


Dalam Safari Ramadhan tersebut Dinas Pendidikan Aceh juga memberikan cindera mata berupa karpet sajadah dan Al-Qur'an yang diterima oleh Camat Idi Rayeuk, M Hasbi, bersama Keuchik Tanoh Anou.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alhudri Pimpin Langsung Safari Ramadhan Disdik Aceh di Masjid Syuhada

Terkini

Adsense