Adsense

Iklan

Dinas Sosial Aceh Sukseskan Program New Safari Ramadhan 1443 H di Aceh Singkil

Admin
4/11/22, 15:19 WIB Last Updated 2022-04-11T08:19:09Z


Aceh Singkil - Tim Safari Ramadhan Dinas Sosial (Dinsos) Aceh sukses melakukan serangkaian kegiatan pada Program New Safari Ramadhan 1443 H yang digagas oleh Pemerintah Aceh di Masjid Jami' Darussalam, Desa Tulaan, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Sabtu (09/04/2022).


Dinas Sosial Aceh berhasil melaksanakan beberapa kegiatan Safari Ramadhan antaranya pembersihan dan penanaman pohon atau dikenal dengan Bersih, Rapi, Estestis, Hijau (BEREH) bersama para mitra dan warga setempat.


Selain itu, tim Safari Ramadhan juga menggelar buka puasa bersama, shalat tarawih berjamaah, ceramah Ramadhan, hingga penyerahan bantuan untuk pembangunan masjid.


Camat Gunung Meriah, Drs. Abdul Hanan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang di wakili Dinas Sosial Aceh.


Dirinya mengapresiasi program New Safari  Ramadhan yang di inisiasi oleh Pemprov Aceh tersebut.


Menurutnya, program Safari Ramadhan seperti ini bernilai positif dan dapat merekatkan hubungan Pemerintah dengan warganya, dimana Pemerintah hadir turun berbaur dan membantu langsung masyarakat.


“Terima kasih sudah hadir di Masjid Jami’ Darussalam, Aceh Singkil. Masjid kami jadi indah, bersih dan juga rapi. Semoga Allah melipatgandakan pahala Bapak/Ibu, Amin,” ungkap Camat Gunung Meriah itu.


Sementara itu, Kadis Sosial Aceh, Dr Drs Yusrizal MSi, dalam penyampaiannya menyebutkan, New Safari Ramadhan ini merupakan Kegiatan Pemerintah Aceh selama bulan suci Ramadhan yang mengusung tema Mantap BEREH (Bersih Rapi Estetika dan Hijau) Mesjid dan GESID (Gerakan Vaksinasi Covid 19) Aceh.


Kagiatan ini serentak dilaksanakan pada 54 Mesjid di 23 Kabupaten dan Kota seluruh Aceh pada tanggal 9 April 2022.


Selain itu, kata Yusrizal agenda Safari Ramadhan ini juga merupakan bagian dari upaya mensyiarkan islam dan mengagungkan hadirnya bulan Ramadhan.


“Dalam safari ini ada syiar, ada juga nilai ukhwah (persaudaraan) sehingga terbentuknya kebersamaan antara Pemerintah dan Masyarakat,” ujarnya.


Yusrizal juga berharap kegiatan BEREH yang sudah dilakukan agar tetap terus dipertahankan demi mejaga keindahan dan kenyamanan di lingkungan masjid.


“Program BEREH ini penting untuk diterapkan di lingkungan masjid atau tempat-tempat ibadah.


Dengan kondisi lingkungan yang bersih nantinya dapat meningkatkan kualitas dan kekusyu’kan masyarakat dalam beribadah,” sebutnya.


Disamping itu, Tgk. Abdul Rani, MA yang menjadi penceramah Safari Ramadhan ini mengingatkan para jamaah agar senantiasa berperilaku hidup bersih, terutama bagi diri sendiri dan lingkungan.


Pemerintah Aceh, sebut Tgk Rani, telah berupaya mewujudkan komitmennya dalam merealisasikan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat salah satunya melalui program BEREH.


Program BEREH telah berhasil menjadi slogan yang mampu mempengaruhi alam bawah sadar masyarakat Aceh untuk menjadi lebih peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungan.


Selama ini program BEREH tidak hanya menyasar kantor-kantor Pemerintahan di Provinsi tapi juga menyebar ke berbagai lini seperti fasilitas kesehatan, perbankan, sekolah, mesjid bahkan fasilitas umum lainnya diberbagai wilayah Aceh.


Menurut Tgk. Rani menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat merupakan prasyarat bagi kemajuan suatu bangsa. Bahkan Rasulullah menjadikan syarat untuk sempurnanya iman seseorang.


“Sebagaimana dalam hadist riwayat muslim disebutkan kebersihan adalah sebagian dari iman”. tutupnya.


Disela-sela rangkaian kegiatan, Dinas Sosial Aceh ikut menyerahkan bantuan sumbangan yang terkumpul dari para ASN dan Non ASN Dinsos Aceh senilai Rp. 9.000.000,- yang diterima langsung Imam Masjid Jami’ Darussalam, Razali Padang.


Disamping itu Bank Aceh Syariah cabang Singkil juga menyerahkan santunan kepada 35 anak-anak yatim kurang mampu.


Hal yang sama juga di lakukan mitra sukses Safari Ramadhan yang lain, diantaranya BPRS Mustaqim cabang Singkil memberikan 100 paket makanan berbuka, serta gabungan beberapa pihak, Cabdindisdik, SMA, SMK, Puskesmas, perangkat Desa dan tokoh pemuda yang ikut berpartisipasi dan menyumbang 230 takjil berbuka.


Turut pula hadir dilokasi acara, anggota DPRK Aceh Singkil, Kapolsek Gunung Meriah, Kadis Sosial Aceh Singkil, Pejabat Eselon III Dinsos Aceh, Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh pemuda, serta warga sekitar.


Seperti diketahui program New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ini dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.


Gubernur Aceh bersama Sekda mengemas kegiatan Safari Ramadhan menjadi sebuah gerakan yang lebih bermanfaat, salah satu fokus dari kegiatan ini adalah pada pemeliharaan fasilitas masjid, sehingga pelaksanaannya lebih dirasakan oleh masyarakat.


Pada tahun 2022 ini, Dinsos Aceh ditunjuk sebagai penjab / koordinator Safari Ramadhan di Kabupaten Aceh Singkil.


Kadinsos Aceh menunjuk Michael Oktaviano, S.STP sebagai Ketua Pelaksana dan Sekretaris, Syarifuddin, S.Sos. Sejak Senin (04/04/2022), tim Safari Ramadhan Dinas Sosial Aceh sudah berada di Singkil dalam rangka mempersiapkan dan mensukseskan kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tersebut.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Sosial Aceh Sukseskan Program New Safari Ramadhan 1443 H di Aceh Singkil

Terkini

Adsense