Iklan

Safari Ramadhan Dinas Syariat Islam Aceh di Subulussalam, Bersihkan Masjid dan Berikan Santunan untuk Anak Yatim

REDAKSI
4/11/22, 16:33 WIB Last Updated 2022-04-11T09:35:23Z


Subulussalam - Tim Safari Ramadhan 1443 Hijriah Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh yang dipimpin langsung Dr EMK Alidar SAg MHum selaku Kepala Dinas, berlangsung di Masjid Al-Ikhlas, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam.


“Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan tahun ini, selain diisi dengan shalat tarawih dan ceramah agama, juga menyantuni anak yatim, penanaman pohon, gotong royong membersihkan tempat wudhuk sampai MCK Masjid,” kata EMK Alidar, Ahad (10/4/2022).
 

Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan pekarangan Masjid. Bibit pohon yang ditanam sumbangan dari Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam.

 

Selain itu DSI Aceh juga menyerahkan bantuan sajadah, puluhan mukena, puluhan Alquran serta menyantuni anak yatim.

 

Pada Ramadhan tahun 2022, tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh turun ke-23 Kabupaten/Kota secara serentak 7-9 April 2022. Masing-masing SKPA ditugaskan ke salah satu Masjid yang ada di Kabupaten/Kota.

 

Kegiatan Safari Ramadhan ini diisi dengan gotong royong, tanam pohon dan juga ceramah agama. Sedikitnya ada 54 Masjid di seluruh Aceh yang dikunjungi tim Safari Ramadhan. Tim terdiri atas jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh, jajaran Bank Aceh Syariah dan BPRS Mustaqim, Sekolah setingkat SMA/SMK serta Puskesmas. 


Safari Ramadhan tahun ini melibatkan juga lintas sektor di tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan, termasuk Camat, Kepala SMA dan Kepala Puskemas di lokasi Masjid yang menjadi tujuan Safari Ramadhan.

 

Sekda Aceh Taqwallah mengatakan, umumnya Masjid di Aceh sudah Bereh dan sudah bagus. “Jadi fokus kita pada Safari Ramadhan tahun ini adalah pada pemeliharaannya,” kata Sekda Aceh, usai doa dan zikir pagi, dari Ruang Potensi Daerah, Kantor Gubernur Aceh.

 

Sekda mengingatkan, kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan Pemerintah Aceh bukan bermaksud membangun Masjid tapi lebih kepada gerakan mengajak masyarakat utamanya pengurus Masjid menjaga kebersihan Masjid.

 

Hal itu penting demi kenyamanan jamaah untuk beribadah, baik di bulan Ramadhan maupun paska Ramadhan nantinya.

 

Sekda menambahkan, kualitas Masjid di Aceh dalam kondisi berbeda-beda. Namun demikian, biasanya banyak masalah kebersihan utamanya di tempat wudhuk.

 

Karena itu, kehadiran tim Safari Ramadhan, minimal bisa menjadikan kawasan masjid menjadi bersih.

 

“Jika tidak ada pohon silakan ditanami pohon. Tempat wudhuk tolong dipastikan bersih dan jika ada kran yang rusak bisa diganti,” kata Sekda Taqwallah.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Safari Ramadhan Dinas Syariat Islam Aceh di Subulussalam, Bersihkan Masjid dan Berikan Santunan untuk Anak Yatim

Terkini

Adsense