Adsense

Iklan

Asrizal H. Asnawi Usulkan Ruas Sekerak-Bandar Pusaka Dinamai Jalan Nova Iriansyah

REDAKSI
6/28/22, 09:50 WIB Last Updated 2022-06-28T02:50:24Z
Aceh Tamiang - Anggota DPR Aceh Fraksi PAN, Asrizal H. Asnawi mengusulkan ruas jalan provinsi di Kecamatan Sekerak-Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang, ditabalkan menjadi jalan Ir. Nova Iriansyah.

“Sebagai perwakilan masyarakat Aceh Tamiang, kami berterima kasih atas pembangunan ruas jalan tersebut dan saya usul namanya ditabalkan nama Gubernur Nova,” kata Asrizal H Asnawi melalui telepon, Minggu (27/6) malam.

Asrizal menyampaikan, menabalkan nama Nova Iriansyah pada ruas jalan tersebut, adalah bagian dari ucapan terimakasih atas perhatian Gubernur, terhadap akses jalan masyarakat di pedalaman ‘Bumi Muda Sedia.

Menurut Ketua DPD PAN Aceh Tamiang itu, ruas jalan Sekerak-Bandar Pusaka dibangun menggunakan Aggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) secara tahun jamak atau multiyers.

Awalnya, jalan Sekerak-Bandar Pusaka belum menjadi jalan kewenangan provinsi Aceh. Saat dirinya melakukan reses tahun 2015. Sejumlah tokoh masyarakat meminta untuk dibangun jalan yang mempersingkat jarak tempuh wilayah pedalaman ke ibukota kabupaten.

Lantas, Asrizal mengusulkan pembangunan jalan tersebut pada rapat Komisi IV DPRA dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Aceh. Akan tetapi, pihak dinas menjelaskan jalan dimaksud, bukan kewenangan provinsi.

Setelahnya, Asrizal menghubungi Bupati Aceh Tamiang, Hamdan Sati yang saat itu menjabat untuk berkoordinasi agar membebaskan jalan tersebut dari kewenangan kabupaten sehingga menjadi jalan kewenangan provinsi.

“Itu Langsung direspon Pak Hamdan Sati kala itu lewat rapat dengan DPRK di Komisi I, terus Pak Sekda, Lazuardi kala itu, merumuskan konsep surat pelimpahan kewenangan ke provinsi,” jelas Asrizal.

Ketika surat pelimpahan selesai, Asrizal kemudian kembali berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aceh, Ir Anwar Ishak dan mulai menyusun rencana pembangunan jalan dimaksud.

“Waktu itu, Kadis PU Pak Anwar Ishak pernah jadi Pj Bupati Aceh Tamiang, jadi beliau paham kondisi jalan di pedalaman itu. Sehingga tahun 2016, mulai dianggarkan pengerjaannya,” urai Asrizal mengenang.

Sekarang, ruas jalan ini usai dibangun dan telah dilalui masyarakat dengan nyaman, tentu ini adalah komitmen Gubernur Nova dalam merampungkan proyek ruas jalan multiyers di Aceh Tamiang.

“Wajar bila jalan dimaksud, kita usul ditabalkan nama Ir Nova Iriansyah untuk mengenang bakti beliau selama menjabat Gubernur Aceh,” pungkas Asrizal.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Asrizal H. Asnawi Usulkan Ruas Sekerak-Bandar Pusaka Dinamai Jalan Nova Iriansyah

Terkini

Adsense