Iklan

Dinkes Kabupaten/Kota Terus Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi Anak

REDAKSI
6/07/22, 17:49 WIB Last Updated 2022-06-07T10:49:58Z


Banda Aceh - Para Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Aceh, terus mengampanyekan pentingnya imunisasi bagi anak kepada masyarakat di masing-masing daerah. Hal itu dilakukan beriringan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang telah dicanangkan pemerintah. Sekda Aceh juga menitip pesan kepada petugas kesehatan agar bekerja ekstra untuk mengejar capaian vaksinasi bagi anak.


“Memang tidak mudah, menjadi tantangan bagi kita semua meyakinkan orang tua, untuk membawa anaknya imunisasi. Tapi tetap kerja keras dan ikhlas demi masa depan anak-anak kita,” kata Sekda usai pelaksanaan zikir dan doa bersama, Selasa 7 Juni 2022.


Taqwallah menyebutkan, sejumlah penyakit yang kembali muncul pada beberapa anak di Aceh akibat tidak adanya imunisasi, yaitu Campak, Rubella, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, serta Pneumonia.
Penyakit itu dapat dihindari dengan cara memberikan imunisasi lengkap pada anak sejak berusia sembilan bulan sampai 15 tahun.


Imunisasi ini, kata Sekda, sangat penting demi generasi unggul di masa mendatang yang harus dipersiapkan sebaik mungkin oleh para orang tua.


Rosniar, Kepala Dinkes Aceh Jaya, mengatakan pihaknya telah mengundang tokoh masyarakat, para kepala Puskesmas untuk menyosialisasikan pentingnya vaksin bagi anak.


“Kita sudah melakukan pencanangan pada tanggal 18 Mei,” kata Rosniar.
Mulai tanggal 24 Mei pihaknya mulai melakukan sosialisasi pentingnya imunisasi bagi anak di Aceh Jaya.


Hal yang sama juga dilakukan daerah-daerah lain. Di mana, semua kepala Dinkes Kabupaten/Kota terus berupaya kampanye imunisasi, dan para petugas kesehatan di tingkat Puskesmas menggenjot imunisasi.


“Kita telah melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan para petugas kesehatan juga telah melakukan kegiatan BIAN,” kata Syarifah Junaidah, Kepala Dinkes Aceh Barat dalam laporannya.


Kementerian Kesehatan pada pertengahan Mei lalu, telah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Kepulauan Riau. Upaya itu dilakukan untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19.


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi COVID-19. Terbanyak di Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkes Kabupaten/Kota Terus Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi Anak

Terkini

Adsense