Adsense

Iklan

Permudah Akses, DRKA dan Disdukcapil Aceh Timur Laksanakan Layanan Dokumen Kependudukan Secara Massal

Admin
6/14/22, 11:31 WIB Last Updated 2022-06-14T04:31:52Z
Aceh Timur - Dinas Registrasi Kependudukan Aceh bersama Dinas Kependukan dan Catatan Sipil Aceh Timur melaksanakan pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan secara massal, kegiatan di pusatkan di halaman kantor Camat Sungai Raya Aceh Timur yang dijadwalkan selama dua hari 13 s/d 14 Juni 2022.

Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) Drs.T. Syarbaini , M.S,i yang hadir dalam kegiatan  didampingi Kadisdukcapil Aceh Timur, Drs. Faisal , M.AP, mengatakan, pada tahun lalu capaian target kinerja Dukcapil terutama pencatatan KTP, KIA, untuk Aceh mendapatkan nilai 89,00.

“Target 2022 terus ditingkatkan, kita perlu melakukan langkah, meningkatkan inovasi berbagai hal dalam mengejar target cakupan pencatatan dokumen,” ujarnya.

Nantinya ditargetkan semua daerah sudah menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) secara terpusat, sebuah sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur dan memakai standarisasi khusus untuk menata sistem administrasi kependudukan sehingga tercapai tertib administrasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.


"Kelebihan SIAK terpusat ialah semua aktivitas data provinsi maupun kabupaten/kota dapat terpantau oleh pusat. Penerbitan NIK pun langsung terintegrasi real-time sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya biodata ganda.Selain itu, semua perubahan data dan pencetakan dokumen kependudukan langsung terintegrasi dengan semua kantor layanan seperti BPJS, perbankan dan kantor lainnya tanpa konsolidasi manual atau harus menunggu sampai 24 jam,”  terang Syarbaini.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Faisal, M.AP, Kadisdukcapil Aceh Timur menyebutkan, pihaknya setiap jam kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Timur terus berupaya memberkan pelayan terbaik dan termudah bagi layanan kepada masyarakat bahkan selalu melakukan upaya sosialisasi secara terus menerus.

"Terimakasih kepada DRKA Aceh dan staf juga dengan hadirnya staf ahli Gubernur Aceh Ir. Iskandar Syukri, MM. MT di Aceh Timur seraya menyerahkan Dokumen Kependudukan, pada kegiatan pelayanan dokumen kependudukan secara masal tentu hal ini merupakan semangat kerja nyata pihak disdukcapil Aceh Timur dalam melaksanakan pendataan dan pencatatan kependudukan,"papar Faisal.

"Ada hal yang paling utama dan terpenting dalam mendukung peran dan kinerja petugas pencatatan, yakni mobil keliling sebagai alat pendukung agar mampu menjangkau wilayah pedalaman dan masyarakat juga sangat terbantu dalam hal biaya transportasi, karena jarak domisili masyarakat pada umumnya antara pusat pemerintahan dan kantor Kecamatan sangat jauh, jadi sulit untuk proses pengurusan administrasi ,” tutup Faisal.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Permudah Akses, DRKA dan Disdukcapil Aceh Timur Laksanakan Layanan Dokumen Kependudukan Secara Massal

Terkini

Adsense