Adsense

Iklan

Tagana Masuk Sekolah (TMS) Berikan Edukasi Siaga Bencana Bagi Ratusan Siswa Di Aceh Utara dan Aceh Besar

Admin
6/23/22, 16:06 WIB Last Updated 2022-06-23T09:06:39Z
Banda Aceh - Ratusan siswa atau pelajar tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP/SLTA), dan sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK) di Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Utara mendapatkan pendidikan tentang kesiapsiagaan bencana dalam kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), Jum'at, 17 Juni 2022.

Kegiatan TMS yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Aceh berkerjasma dengan Dinsos Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Besar turut melibatkan sebanyak 50 instruktur Tagana yang berpengalaman dan telah mengikuti Training Of Trainers (ToT) Kebencanaan.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Yusrizal, M.Si menyebutkan, Aksi Tagana Masuk Sekolah merupakan bagian program Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI dalam upaya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat. Edukasi mitigasi bencana ini menyasar kalangan pelajar atau siswa sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

TMS yang telah menjadi gerakan nasional ini, sebut Yusrizal, didesain massif untuk menyiapkan generasi yang sadar akan bencana dan siap siaga menghadapi bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial.

“Kita sadar bencana bisa datang kapan saja, melalui edukasi mitigasi bencana TMS ini kita harap masyarakat makin tanggap akan bencana sehingga dapat mengurangi dampak dari bencana tersebut” ujar Yusrizal.

Yusrizal menjelaskan, pelaksanaan TMS Tahun 2022 ini dilakukan serentak di 2 (dua) lokasi, yakni kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Besar. Untuk Aceh Besar ada 2 (Dua) Kecamatan dipilih sebagai titik pelaksanaan TMS pada tanggal 15 s.d 16 Juni 2022 dengan sebaran 10 titik sekolah. Pertama, Kecamatan Lembah Seulawah di SMPN 3, SMPN 1, SMK PP Saree, SDN Blang Phoon dan SDN Desa Teladan, selanjutnya Kedua, Kecamatan Lhoong,  yang digelar di SMPN 1 Lhoong, SDN 1 Cot Jeumpa dan SDN 2 Gleu Bruek.
Sedangkan wilayah Aceh Utara, sambung Yusrizal yang dilaksanakan tanggal 16 s.d 17 Juni 2022 terdapat 8 (Delapan) Kecamatan lokasi TMS, antara lain Nisam, Lhoksukon, Paya Bakong, Tanah Luas, Cot Girek, Matang Kuli, Nibong, hingga area terjauh di Langkahan. Edukasi diberikan di 10 titik sekolah, diantaranya SMAN 2 Nisam, SMAN 1 Lhoksukon, SMPN 1 Paya Bakong, SMPN 3 Lhoksukon, SDN 5 Lhoksukon, SMAN 1 Tanah Luas, SMAN 1 Langkahan, SMAN 1 Matang Kuli, SMPN 1 Nibong dan SMKN 1 Cot Girek.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dikoordinir dan dipantau langsung Pejabat setempat, Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil, S.Sos, M.Si dan Kadissos Aceh Utara, Fuad Mukhtar, S.Sos, M.S.M, dengan didampingi Sub Koordinator Penanganan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Aceh, Yanyan Rahmat, A.KS, M.Si bersama team dan personil Tagana.

Dijelaskan lebih lanjut, selain memberikan materi dasar pengurangan resiko bencana, upaya pertolongan dan potensi kebencanaan bagi peserta, TMS juga menyusun simulasi peta jalan dan rambu evakuasi jika terjadi bencana, sekaligus dilakukan penanaman 100 bibit pohon bersama para siswa.

Kemasan edukasi menarik oleh instruktur tagana membuat antusiasme peserta didik semangat selama mengikuti pelatihan.

Kendati demikian, Yusrizal berharap target dari kegiatan TMS tersebut dapat tercapai dan diterapkan dilapisan masyarakat. pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan resiko bencana menjadi penting untuk dipahami pelajar ataupun warga.

“Masyarakat merupakan bagian penting dalam upaya penanggulangan bencana, mengingat masyarakat merupakan pihak pertama yang berhadapan langsung dengan bencana”

“Keberhasilan mitigasi bencana sangat bergantung pada pemahaman masyarakat dan kesiapsiagaan masyarakat, sehingga mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan orang sekitar untuk melakukan evakuasi sederhana bila terjadi bencana” Kata Kadis Yusrizal.

Sebagai informasi, selain TMS, masih dalam rangkaian peringatan HUT Tagana Ke - 18, Kemensos RI bersama Dinas Sosial Aceh juga akan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Aceh Besar yang bertempat di Kecamatan Lhoong dan Kecamatan Lembah Seulawah.

Sementara di Kabupaten Aceh Utara, lokasi pembentukan KSB dipusatkan di Desa Alue Luhop, Kecamatan Cot Girek. Kegiatan KSB di dua Kabupaten itu berlangsung serentak dari tanggal 20 sampai dengan 23 Juni 2022.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tagana Masuk Sekolah (TMS) Berikan Edukasi Siaga Bencana Bagi Ratusan Siswa Di Aceh Utara dan Aceh Besar

Terkini

Adsense