Iklan

Disbudpar Aceh Bangun Sinergitas Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bersama Bank Indonesia

REDAKSI
7/20/22, 08:39 WIB Last Updated 2022-07-20T01:40:23Z
Banda Aceh - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal didampingi Kabid Sejarah dan Nilai Budaya, Evi Mayasari berkunjung ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Selasa (19/07/2022).

Almuniza dan rombongan disambut langsung Kepala Perwakilan BI Aceh, Achris Sarwani dan jajarannya. Pada kesempatan ini, Almuniza menjelaskan kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi, pasca-dirinya menjabat sebagai Kepala Disbudpar Aceh yang baru.


Selain itu, ia juga menilai upaya BI Aceh selama ini dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya dengan mengembangkan produk kreatif lokal, selaras dengan program Pemerintah Aceh. “Kita optimis, kolaborasi antara Disbudpar Aceh dengan Bank Indonesia dalam meningkatkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif syariah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di Aceh,” ujar Almuniza. 

Tak lupa, Almuniza juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar event berskala nasional kepada Achris, yaitu Aceh Culinary Festival (Festival Kuliner Aceh pada 5-7 Agustus 2022 di Taman Sulthanah Safiatuddin (Taman PKA), Kota Banda Aceh. 

Festival Kuliner Aceh tahun ini masuk ke dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. “Ini salah satu top event nasional. Pak Menteri Sandiaga Uno dijadwalkan akan turut hadir di acara ini. Jadi, kami menilai kolaborasi ACF dengan Festival Ekonomi Syariah se-Sumatera (event BI Aceh), bisa sama-sama kita selenggarakan,” sebut Almuniza. "Alhamdulillah, jika nanti kita berbarengan, tentu saya akan melaporkannya ke Pak Menparekraf dan Pj Gubernur Aceh. Semoga niat baik kita ini akan terus berlanjut,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Aceh menyampaikan, pihaknya bersama Tim 9 Instansi Vertikal akan terus mensupport Aceh di semua bidang, khususnya yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi. “Semoga RIPKA (Rancangan Induk Program Kepariwisataan Aceh) fokus dijalankan, kita juga punya kegiatan besar. Panggung kita untuk Aceh dan kita tidak setengah-setengah melakukan ini,” kata Achris. Achris berharap, Festival Kuliner Aceh tahun ini dapat seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan momen ini merupakan waktu yang tepat. 

“Ayo kita bikin, saya semangat untuk kolaborasi ini. Momen ini kesempatan kita untuk naik kelas ACF menjadi elegan bukan sekedar biasa. Mudah-mudahan pertemuan kita menghasilkan yang terbaik bagi masyarakat Aceh, tidak ada kepentingan pribadi dan niat kita sama-sama membangun Aceh,” sebutnya. 
 
Usai pertemuan, Almuniza Kamal bersama rombongan diajak Achris melihat bangunan Kantor Perwakilan BI Aceh. Seperti diketahui, gedung Bank Indonesia ini merupakan bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Bangunan bersejarah ini dulunya dikenal sebagai Da Javasche Bank dan kini menjadi salah satu ikon wisata di Kota Banda Aceh.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disbudpar Aceh Bangun Sinergitas Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bersama Bank Indonesia

Terkini

Adsense