Adsense

Iklan

Universitas Syiah Kuala (USK) Peringkat 11 Kampus Terbaik Nasional

REDAKSI
7/13/22, 20:44 WIB Last Updated 2022-07-13T13:44:38Z
Banda Aceh - Lembaga pemeringkatan dunia Scimago Institutions Ranking (SIR) mempublikaskan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Berdasarkan informasi tersebut, Universitas Syiah Kuala berada di peringkat 11 sebagai perguruan tinggi nasional, Banda Aceh, Rabu (13/07/2022).

Posisi USK ini naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yaitu peringkat 13 pada tahun 2021. Dalam pemeringkatan ini, sejumlah bidang keilmuan di USK juga berada di posisi yang cukup mengesankan di jajaran perguruan tinggi nasional.

Misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat I, bidang matematika peringkat 1, bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat 5, bidang ketenikan peringkat 7, bidang kedokteran hewan peringkat 6, bidang kedokteran peringkat 8, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan rasa syukur dan bangga atas naiknya posisi USK dalam pemeringkatan ini. Menurut Rektor, prestasi ini setidaknya menjelaskan upaya-upaya USK terkait penguatan institusi ini telah berada di jalur yang benar.

Apalagi sejumlah bidang keilmuan USK mampu mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik Indonesia lainnya, sehingga berada di posisi yang cukup membanggakan.

"Alhamdulillah, pencapaian ini tidak lepas dari komitmen kuat dan kerja keras kita bersama. Hal ini juga bermakna, USK sudah  on the track dalam mewujudkan visi dan misinya,” ucap Rektor.

Khususnya bidang bahasa, Rektor menilai prestasi ini sangat istimewa karena selama ini riset unggulan USK lebih dominan bidang sains, sementara kajian di bidang humaniora seperti liguistik ini masih tergolong sedikit.

 Di sisi lain, prestasi ini setidaknya menjelaskan, kualitas riset USK dalam bidang humaniora seperti bahasa, linguistik maupun sastra telah diakui reputasinya secara global.

“Ilmu linguistik inikan terus berkembang. Sementara kajian bidang ilmu ini masih tergolong sedikit. Karena itulah, prestasi ini menjadi motivasi USK untuk terus memperluas kajian linguistiknya,” ucap Rektor.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Syiah Kuala (USK) Peringkat 11 Kampus Terbaik Nasional

Terkini

Adsense