Adsense

Iklan

Forkopimda Banda Aceh Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak di Pesisir Pantai Syiah Kuala

REDAKSI
8/23/22, 23:07 WIB Last Updated 2022-08-23T16:07:56Z
Banda Aceh - Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke - 77, Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Ahmad Haydar, SH, MM, canangkan penanaman pohon secara serentak di Provinsi Aceh. 

Pelaksanaan secara serentak dilakukan oleh Kepolisian jajaran Polda Aceh bekerjasama dengan unsur Forkopimda, instansi terkait, sekolah, ormas dan lainnya. 

Sementara itu, Polsek jajaran Polresta Banda Aceh melaksanakan kegiatan dalam wilayah hukumnya masing - masing. 

Polresta Banda Aceh memusatkan kegiatan pencanangan penanaman pohon di pesisir pantai Syiah Kuala, Selasa (23/8/2022) pagi yang dihadiri oleh Ketua DPRK, Pj. Walikota, Kajari, Kasatpol PP dan WH, unsur BPBD, unsur pendidikan, unsur keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan berbagai elemen lainnya. 

Dalam sambutan Kapolda yang dibacakan oleh Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK mengatakan, hari ini kita melaksanakan penanaman serentak 77 ribu pohon dalam rangka hari kemerdekaan RI ke 77 dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. 

“Tumbuhan yang akan kita tanamkan ini memeliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad – abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup baik di pesisir maupun dipergunungan,” ucap Kapolresta.

Kapolresta mengatakan, tumbuh – tumbuhan ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan, memberikan banyak manfaat untuk kehidupan dan menjadi sumber daya alam yang sangat penting bagi maklhuk hidup. 

“Adapun pohon yang ditanamkan saat ini dapat mencegah abrasiu laut dan menghindari terjadinya perembesan air laut kedalam lapisan tanah yang bisa menyebabkan percampuran air laut dengan air tanah,” tambah Kapolresta. 

Sebagai tindakan preventif dan preemtif, dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya alam terhadap setiap aktivitas yang mengancam kerusakan lingkungan, sumber daya laut, pesisir pantai dan pergunungan, mari bersama – sama melakukanan penanaman pohon, dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar dapat kita wariskan pada anak cucu kita kelak, pintanya.

“Dalam rangka kegiatan penanaman 77 ribu pohon, kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melakukan upaya – upaya dalam rangka pemulihan ekosistem di Provinsi Aceh,” sambungnya. 

Untuk dilokasi ini, kita menanamkan pohon cemara dan pohon ketapang sebanyak 3.500 batang, dimana lainnya ditanamkan di wilayah lainnya dalam jajaran Polda Aceh. 

“Ada personel Polsek bersama warga menanamkan pohon yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, dan ini sisesuaikan dengan kondisi lokasi penanamannya, diperkirakan berjumlah 20 lokasi dan ini juga membuat Aceh Hijau, Asri serta Nyaman,” tambah Kombes Joko lagi.
 
Kami berharap, warga yang berada di Gampong Deah Raya ini dapat merawat apa yang telah kita laksanakan pada hari ini, jaga hewan ternak jangan sampai merusak, memakan bibit pohon yang kita tanam bersama, pungkasnya.(MS/ril)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Forkopimda Banda Aceh Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak di Pesisir Pantai Syiah Kuala

Terkini

Adsense