Iklan

Pangdam IM Hadiri Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

REDAKSI
8/17/22, 12:53 WIB Last Updated 2022-08-17T05:53:57Z
Banda Aceh - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Mohamad Hasan menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan yang berada di Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Rabu (17/8/2022).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-77 RI. AKRS memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri oleh Ketua DPRA, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, para PJU Kodam IM dan PJU Polda Aceh.

Kegiatan ini diikuti pula oleh prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, Polri serta Satpol PP dan WH Aceh. Selain itu, Apel juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, unsur Forkorpimda Kota Banda Aceh.

Dalam amanatnya, Pj. Gubernur Aceh menyatakan penghormatan yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdikan diri pada perjuangan demi negara dan bangsa.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar setiap tanggal 17 Agustus setiap tahun, tepat pukul 00:00 WIB. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan ikhlas dan gugur di medan tugas demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hingga saat ini, di Taman Makam Pahlawan di Gampong Ateuk itu bersemayam 400 jasad pahlawan, yang terdiri atas Pusara Angkatan Bersenjata sebanyak 384, Pegawai Sipil 4 pusara, Pejuang Rakyat 7 pusara dan Pahlawan Tak Dikenal 5 pusara.(MS/ril).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam IM Hadiri Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

Terkini

Adsense