Iklan

Petani Durian Aceh Jaya Mengeluh: Rasa Durian Terasa Hambar, Ketua PDIP Aceh Muslahuddin Daud Lakukan Pelatihan

REDAKSI
8/05/22, 21:59 WIB Last Updated 2022-08-05T14:59:57Z
Aceh Jaya - Ketua DPD PDIP Aceh, Muslahuddin Daud, didampingi Ketua DPC PDIP Aceh Jaya, Junaidi, bersama Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Aceh Jaya, H. Murdani melakukan pelatihan bagi petani durian, bertempat di Gampong Gunong Buloh, Panga Pucok Kabupaten Aceh Jaya, (5/8/2022).

Gagasan pelatihan ini dilakukan karena adanya keluhan dari para Keuchik kepada Muslahuddin Daud pada saat acara Festival Bakar Ikan Nusantara di kantor DPD PDIP Aceh beberapa hari lalu.

Laporan Keuchik Saifuddin Ab bersama 7 Keuchik lainnya yang menyahuti keluhan masyarakat bahwa sebagian produksi durian wilayah ini rasanya hambar, mudah pecah dan sebagian lebam berwarna hitam.

Muslahuddin yang juga merupakan pakar ahli dalam bidang pertanian dan perkebunan memaparkan, bahwa dari keluhan masyarakat ini ada beberapa faktor penyebab durian hambar, pertama curah hujan yang tinggi yang membawa unsur nitrogen berlebih sehingga tidak ada lagi keseimbangan kandungan unsur tanah. Kedua, sebagian unsur tanah sudah diserap oleh batang dan buah durian. Ketiga, terjadinya proses pencucian unsur hara tanah yang dibawa oleh air.

Dalam pelatihan ini, Muslahuddin membahas beberapa tahapan agar pembuahan dan rasa durian kembali normal. 

Pertama, melakukan penggemburan akar durian dengan modifikasi alat yang bisa mengembangkan tanah dan pemutusan sebagian akar serabut. Langkah ini dilakukan agar terjadi rangsangan pembentukan akar serabut baru yang akan memicu penyerapan makanan yg optimal.

Kedua, melakukan normalisasi PH tanah dgn memberikan kapur pertanian yang disesuaikan dgn besaran batang.

Ketiga, memberikan pupuk NPK yang dominan unsur Nitogren, 20 %. Untuk penghematan pupuk ini bisa dicampur dgn pupuk kandang ayam fermentasi yg memiliki kandungan tricoderma, gliocadium dan bakteri lainnya.

Keempat, tiga bulan setelah pemupukan pertama dilakukan pemupukan NPK 9, 20 20, artinya akan dominan fosfat dan kalium.

Yang terakhir, pemupukan MKP ditambah terus elemen terutama Boron. 

"Jika langkah ini dilakukan maka durian tidak hanya akan manis dan legit, tapi jumlah produksinya juga bisa tiga kali lipat dari biasa," tutup Muslahuddin.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Petani Durian Aceh Jaya Mengeluh: Rasa Durian Terasa Hambar, Ketua PDIP Aceh Muslahuddin Daud Lakukan Pelatihan

Terkini

Adsense