Iklan

Demo Tolak Naik BBM, DPR Aceh Sepakat dan Dukung Tuntutan Mahasiswa UIN Ar-Raniry

REDAKSI
9/06/22, 13:26 WIB Last Updated 2022-09-06T06:26:13Z
Banda Aceh - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sepakat dan mendukung aksi demo mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik. Keputusan itu diambil usai mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh berunjuk rasa.

Ketua DPR Aceh Saiful Bahri alias Pon Yahya, bakal mendesak pemerintah pusat mencabut peraturan kenaikan harga BBM dan sejumlah persoalan lainnya.

Kami atas nama lembaga DPR Aceh Ketua dan seluruh anggota mendesak Pemerintah Pusat untuk segera menurunkan harga BBM dan tarif listrik sekarang juga,” kata Pon Yahya di depan peserta aksi, Senin, (5/9/2022).

Dalam kesempatan itu Ketua DPR Aceh, Saiful Bahri di dampingi Wakil Ketua, Dalimi, Safaruddin, anggota TR Keumangan, Bardan Sahidi, Ridwan Yunus, dan Darwati A Gani, dan Tgk Muhammad Yunus.

Pon Yahya mengatakan, telah berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki ihwal tuntutan mahasiswa yang mempersoalkan kenaikan harga BBM dan tarif listrik.

"Saya tadi sudah berkoordinasi dengan bapak Pj Gubernur untuk sama-sama mencari solusi ke (pemerintah) pusat supaya kalau memang ini menyengsarakan rakyat, kenapa keputusan ini diambil,” ujarnya.

Koordinator lapangan (Korlap) aksi, Agus Sri Wahyudi, menyebutkan ada sejumlah tuntutan yang disampaikan kepada pihak DPR Aceh. Diantaranya adalah persoalan kenaikan harga BBM dan tarif listrik yang dinilai menyengsarakan rakyat.

“Menolak keputusan pemerintah terkait kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat Indonesia,” ujar Wahyu dengan tegas.

Selain itu, pihaknya juga mendesak pemerintah agar memformulasikan kebijakan alternatif terbaik di samping mendistribusikan bansos dan Bantuan Langsung Tunai (BLT), mendesak pemerintah membuat regulasi penyaluran BBM bersubsidi dengan berdasarkan data yang tepat dan terukur.

Kemudian, mendesak pemerintah untuk mencabut kebijakan kenaikan tarif listrik, mendesak DPR RI agar menolak proposal pemerintah terkait kenaikan harga BBM, dan terakhir mengamini seluruh point tuntutan masyarakat dan mahasiswa.

“Yang kami perjuangkan bukan hak kami saja tapi juga hak seluruh masyarakat Aceh,” tutupnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Demo Tolak Naik BBM, DPR Aceh Sepakat dan Dukung Tuntutan Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Terkini

Adsense