Iklan

24 Oktober Hari Dokter Nasional, Berikut Sejarah, Tema dan Twibbon

REDAKSI
10/24/22, 09:55 WIB Last Updated 2022-10-24T02:55:24Z
Newsofaceh - 24 Oktober merupakan Hari Dokter Nasional (HDN) yang diperingati setiap tahunnya, Bagaimana sejarahnya, tema HDN tahun 2022 dan Makna Logo HDN 2022, berikut ulasannya.

HDN pertama kali disepakati ketika Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diselenggarakan di Ujung Pandang pada 22-27 Oktober 1994.

Melalui Muktamar tersebut, Hari Dokter Nasional ditetapkan pada 24 Oktober, bertepatan dengan pendirian organisasi IDI yakni pada 24 Oktober 1950.

Saat itu (24 Oktober 1950), Organisasi IDI ditetapkan sebagai organisasi profesi kedokteran yang dipimpin dan beranggotakan hanya dokter Indonesia dan tak ada lagi dokter asing (Belanda).

Ketua IDI Jakarta Pusat Agus Purwadianto menilai para dokter telah mencetak prestasi dalam kurun waktu penjajahan, kemerdekaan, maupun di era pembangunan.

“Oleh karena itu, pencetusan Hari Dokter Nasional bukanlah sesuatu yang berlebihan.” Kata Agus, dilansir dari Harian Kompas, 22 Oktober 1994.

Hari Dokter Nasional adalah bukti bahwa profesi dokter merupakan profesi mulia sekaligus menjadi sarana bagi kelompok profesi untuk menjaga tradisi kemuliaan dengan tidak jatuh pada kebrutalan moral.

IDI dibentuk secara resmi pada 1950, meskipun persatuan dokter se-Indonesia telah ada sejak 1911 dengan diberi nama Vereningin van Indische Artsen.

Selanjutnya pada 1926 organisasi berubah nama menjadi Vereniging van Indonesische Genesjkundigen (VIG).

Pada masa kependudukan Jepang, organisasi tersebut dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai.

Atas usul Dr Seni Sastromidjojo pada 30 Juli 1950, PB Perthabin (Persatuan Thabib Indonesia) dan DP-PDI (Perkumpulan Dokter Indonesia) mengusulkan pertemuan Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWNI) yang diketuai oleh Bahder Djohan.

Kemudian pada 22-24 September 1950, Muktamar IDI I digelar di Deca Park dan diresmikan pada Oktober.

Dr Sarwono Prawirohardjo terpilih sebagai ketua umum IDI pertama.

IDI sebagai organisasi profesi dokter telah diakui berdasarkan UU No. 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.

Tema Hari Dokter Nasional 2022

Tema Hari Dokter Nasional 2022 adalah “Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat”.

Makna logo

Makna Logo Hari Dokter Nasional ke-72, adalah:

Angka 72 menunjukkan tahun ini merupakan ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia ke 72 tahun

Angka 72 yang tebal, menunjukkan bahwa IDI di tahun yang ke 72 ini merupakan organisasi yang Tangguh dalam menyongsong dinamika dan perubahan dunia yang sangat dinamis

Warna Hijau dan Merah merupakan warna ciri khas dari Ikatan Dokter Indonesia

Logo IDI yang berada di tengah angka 72 menandakan bahwa IDI merupakan pusat ataupun Induk ataupun Rumah yang mengayomi seluruh dokter-dokter di Indonesia

Slogan Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk rakyat adalah slogan yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan sesuatu hal.

Hal ini juga menjadi fondasi tindakan-tindakan IDI supaya berlandaskan kepada masyarakat dan rakyat Indonesia

Satu IDI Terus Maju adalah makna bahwasanya organisasi profesi yang diakui oleh undang-undang adalah IDI, dan ini merupakan harapan supaya IDI terus maju ke depan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 24 Oktober Hari Dokter Nasional, Berikut Sejarah, Tema dan Twibbon

Terkini

Adsense