Adsense

Iklan

Ayu Marzuki Berikan Pembinaan Gammawar di Gampong Geuceu Meunara

REDAKSI
11/08/22, 19:11 WIB Last Updated 2022-11-08T12:11:47Z


Banda Aceh - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Ayu Candra Febiola Nazuar yang lazim disapa Ayu Marzuki, memberikan arahan serta pembinaan kepada kader PKK Gampong Geuceu Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Senin (7/11/2022).


Pembinaan tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan Gampong Geuceu Meunara yang akan mewakili Kota Banda Aceh, untuk mengikuti program tahunan PKK Aceh sebagai Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) Tahun 2022.


“Ini bukan hanya sekadar lomba. Lomba ini ibarat bonus dari proses kerja panjang. Bukan sulapan. Siapa pun menang akan terlihat dari kontinuitas kegiatan. Penting bukan juaranya tapi istiqamahnya,” kata Ayu.


Pada kesempatan yang sama, Ayu Marzuki juga mengingatkan 6 isu penting yang harus difokuskan dalam menjalankan program Gammawar, yakni isu stunting, ibu hamil dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK), parenting atau pola asuh anak, pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, lingkungan, dan kesehatan.


“Permasalahan stunting itu bukan masalah yang tiba-tiba membuat anak jadi pendek, tapi ada urutannya atau faktor yang mengawali stunting terjadi,” kata Ayu dalam arahannya.


Ia menerangkan, untuk menekan terjadinya stunting, diperlukan langkah mendasar yang harus diperhatikan, seperti mempersiapkan fisik dan mental calon pengantin untuk mempersiapkan kehamilan dengan baik, rutin mengkonsumsi tablet tambah darah, dan cegah pernikahan dini.


Kemudian, untuk mencegah stunting, juga harus berikan secara lengkap imunisasi dasar untuk balita dan dilakukan pemantauan tumbuh kembang, pemberian ASI eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan, pemberian makanan tambahan protein hewani bagi baduta, tatalaksana atau pemeriksaan balita dengan masalah gizi oleh Posyandu merujuk puskesmas dan RS, serta peningkatan cakupan dan peluasan jenis imunisasi seperti pelayanan rutin dan kampanye imunisasi dasar.


Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Sri Dewi Kurnilawati, mengapresiasi Kader PKK Gampong Geuceu Meunara, Kecamatan Jaya Baru yang telah bekerja sesuai 10 program pokok PKK dalam kehidupan masing-masing, dan hidup bermasyarakat khususnya dalam menjalankan program Gammawar.


Ia berharap, penilaian dan pembinaan ini menjadi motivasi bagi warga Gampong Geuceu Meunara, untuk itu, ia meminta kader PKK agar dapat memberikan informasi yang diperlukan, untuk mendukung pelaksanaan lomba, dengan harapan Gampong Geuceu Meunara mewakili Kota Banda Aceh dapat masuk 3 besar.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ayu Marzuki Berikan Pembinaan Gammawar di Gampong Geuceu Meunara

Terkini

Adsense