Iklan

Hadiri Kick Off Pamsimas, Pj. Bupati : Ada 6 Kampung di Aceh Tengah Menerima Manfaatnya

REDAKSI
3/08/23, 12:02 WIB Last Updated 2023-03-08T07:10:55Z
Jakarta - Pj Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, didampingi Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah Drs. Mursyid, M.Si. menghadiri Kick Off Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (07/03/2023).

Dibuka langsung oleh Menteri PUPR, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat menjadi target prioritas nasional dalam pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan pembangunan di daerah tujuan akhirnya pembangunan infrastruktur permukiman adalah meningkatnya pemenuhan infrastruktur permukiman yang layak dan aman sesuai RPJMN.

Pamsimas merupakan bagian dari program penyediaan air minum. Kalau di perkotaan punya SPAM reguler atau IKK, di pedesaan ada Pamsimas yang sudah dilaksanakan sejak 15 tahun lalu. Saat ini sudah ada sekitar 37.000 unit Pamsimas dan telah melayani 25,9 juta jiwa,” lanjut Menteri Basuki

Kegiatan Pamsimas dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengelolaan sarana terbangun dengan mengedepankan kearifan lokal di masing-masing wilayah.

Pamsimas merupakan program yang punya militansi. Target utamanya di daerah yang tidak punya air, sehingga kalau ditempatkan di daerah yang banyak airnya tidak tepat sasaran. Tugas dari para pendamping agar dapat mengarahkan sasarannya,” tambah Menteri Basuki.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati T. Mirzuan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemerintah pusat dan jajarannya atas dukungan langsung dan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyediakan kebutuhan dasar untuk masyarakat khususnya pemenuhan air bersih. “Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan manfaat dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, tentunya ucapan terima kasih kepada pemerintah, program Pamsimas merupakan upaya daerah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Aceh Tengah,” kata Mirzuan.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendapatkan respons positif dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, “ini menjadi kabar baik untuk masyarakat Aceh Tengah karena ada 6 kampung yang diprioritaskan mendapatkan program itu pada tahun anggaran 2023”, kata Mirzuan.

"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2023. Alhamdulillah, tahun ini, ada 6 kampung dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah yang akan mendapat bantuan PAMSIMAS,” tambahnya.

Ada 6 kampung yang akan menerima program Pamsimas tersebut antara lain Kampung Pendere Saril, Sintep, Bukit Kemuning, Genting Bulen, Jerata dan Kala Pegasing.

"Saya berharap agar nantinya masyarakat dapat ikut berperan aktif dan mengawal pelaksanaan program Pamsimas tersebut serta kedepannya kementerian PUPR dapat mengakomodir lebih banyak lagi kebutuhan masyarakat untuk menjakau kampung-kampung yang belum menerima program Pamsimas di Aceh Tengah”, pungkasnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadiri Kick Off Pamsimas, Pj. Bupati : Ada 6 Kampung di Aceh Tengah Menerima Manfaatnya

Terkini

Adsense