Iklan

Muda Bersuara, Tolak Revisi Qanun LKS Jaga Keistimewaan Aceh

REDAKSI
5/24/23, 10:09 WIB Last Updated 2023-05-24T03:09:31Z
Banda Aceh - Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki keistimewaan khusus dalam penerapan syariat Islam. 

Sebagai provinsi mayoritas penduduk muslim juga di Aceh ini, seharusnya lembaga keuangan syariah pun menjadi konsistensi dan identitas dalam nilai Islam yang bisa di terapkan di bumi Serambi Mekah Aceh ini. 

LKS ini harusnya menjadi tujuan prioritas masyarakat Aceh dan Pemerintah dalam menjalankan system bertransaksi yang sesuai prinsip syariah (bebas riba) sehingga bisa ikut menjadi icon baik di provinsi lainnya kalau syariah itu bisa menjadi pilihan terbaik.

Tetapi mirisnya, diperjalanan ini belum begitu mudah untuk dijalankan, masih adanya memiliki kekurangan  hingga kita semua sempat mengalami kepanikan saat terjadi BSI  Eror di Aceh ini. Tapi janganlah karena hal itu sempat terjadi kita membuka wacana baru untuk merevisi Qanun LKS dan menghadirkan kembali bank konvensional ke Aceh ini. Seharusnya sytem yang harus diperkuat dan perlu diperbaiki kembali. 

Dan kita ketahui bersama bahwa momentum tahun 2023 juga 2024 ini ialah tahun politik untuk salah satunya pemilihan yakni wakil rakyat (calon legislatif yang harapannya mewakili rakyat) maka dari itu, harus pakai nurani dan cerdas kita semua juga khususnya kaum muda Gen Z di Aceh ini dalam menentukan pilihan jangan sampai hal ini bisa berulang kembali nantinya. 

Kita bisa ikut belajar dan kembali mengenal bahwa dengan kejadian ini seperti membuka arah dan pandangan gambaran bagaimana sosok pemimpin kita dan wakil rakyat yang telah kita beri mandat selama ini. Apa sesuai yang kita harapkan atau gimana ? (Itu bisa kita menjawab dengan kita sendiri masing-masing sebagai pemilih)

Terakhir, pentingnya ini menjadi perhatian untuk semuanya bagaimana kita terus bisa bersama mengawasi jalannya roda pemerintahan ini baik di legislatif dan eksekutif sesuai kedaulatan itu berada di tangan rakyat. 

Oleh karena itu, semoga Qanun LKS ini menjadi proses perjuangan bersama untuk bisa dipertahankan dan bisa menjadi warisan Islam yang kuat dalam nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Penulis : Tgk. Adam Juliandika, SH. (Founder Komunitas Sahabat Muda Aceh) @sahabatmudaaceh 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Muda Bersuara, Tolak Revisi Qanun LKS Jaga Keistimewaan Aceh

Terkini

Adsense