Iklan

ISAD Aceh Gelar Pelatihan Publik Speaking untuk Santri di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar

REDAKSI
9/03/23, 15:23 WIB Last Updated 2023-09-03T08:26:57Z
Aceh Besar - Dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum atau yang dikenal dengan publik speaking, Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh menggelar kegiatan "Turun Ke Dayah" di Dayah Darul Ihsan Krueng Kale, Aceh Besar, Minggu (3/9/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan madrasah di era transformasi digital dengan memperkuat kemampuan siswa dalam berbicara di depan publik.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung rutin setiap hari Sabtu tersebut, ISAD Aceh menghadirkan para alumni dayah yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian di bidang publik speaking sebagai pembicara dan pelatih. Mereka berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka kepada siswa-siswi Dayah Darul Ihsan dalam berbicara di depan umum. Dalam hal ini adalah Tgk Rifki Ismail SAg Sekretaris 1 DPP ISAD Aceh.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya ISAD Aceh untuk mendukung pengembangan kemampuan komunikasi dan berbicara siswa atau santri di madrasah dan dayah. Dalam era transformasi digital, keterampilan publik speaking menjadi kualifikasi penting yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

"Kami sadar betapa pentingnya kemampuan berbicara di depan umum bagi para santri kita. Oleh karena itu, kami ingin memberikan kontribusi nyata dengan mengadakan kegiatan ini dan menyediakan platform bagi santri untuk berlatih dan mengasah kemampuan mereka khusus bidang MC/Moderator, bek agee acara khauri padee dan khauri laot sabee, tapi beumeuseunia dan bersahaja acara yang ta puga," kata Ketua umum DPP ISAD Aceh Tgk Mustafa Husen Woyla S.Pd.I dan Wakil Pimpinan Darul Ihsan Abu Krueng Kalee.

Rifki Ismail SAg yang juga merupakan ASN Analis Pendidikan dan Kesantrian Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh tersebut menyampaikan bahwa selama kegiatan berlangsung, santri Dayah Darul Ihsan diberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan publik speaking melalui berbagai aktivitas, mulai dari pidato l, MC, host, moderator dan orasi hingga presentasi. Mereka juga diberikan umpan balik dan saran yang konstruktif dari para pembicara dan pelatih sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Para santri maupun guru di Dayah Darul Ihsan menyambut baik kegiatan "Turun Ke Dayah" ini. Mereka mengaku sangat terbantu dan terinspirasi oleh pengalaman dan pengetahuan yang dibagikan oleh para alumni ISAD Aceh. Mereka berharap kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala agar kemampuan berbicara siswa semakin meningkat dan relevan di era transformasi digital.

Melalui kegiatan ini, ISAD Aceh dan Dayah Darul Ihsan Krueng Kale berharap dapat menciptakan generasi penerus yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik serta siap menghadapi tantangan di masa depan. Mereka berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan peluang pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa madrasah di Aceh.

Dengan semakin meningkatnya minat dan perhatian terhadap kegiatan publik speaking di madrasah, diharapkan akan terjadi peningkatan secara keseluruhan dalam kemampuan berbicara siswa di Aceh.

Tentang Narasumber

Sosok Rifki Ismail SAg sebagai narasumber yang juga Sekretaris 1 DPP ISAD Aceh tersebut di tingkat Nasional pernah menjadi narasumber sharing kehumasan “Publik Speaking” Itjen Kemenag RI Jakarta, OASE PTKIN  Kemenag RI Se Indonesia, Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kementerian Perindustrian RI, Narasumber Seminar Nasional Literasi Digital Kementerian Kominfo RI, Webinar Pendidikan Nasional bersama Wamenag RI serta Berbagai Event Nasional Lainnya

Sedangkan di Aceh, ia pernah sebagai MC Peringatan Tsunami Aceh (Internasional), MTQ Internasional DMDI, Tabligh Akbar Aceh Beshalawat, Narasumber Publik Speaking Kepemudaan, MQK Santri Aceh, Publik Speakibg for Mahasiswa dan Guru, Event Upacara, Pelantikan, awards, seminar, Talkshow, Host, dan Lain Sebagainya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ISAD Aceh Gelar Pelatihan Publik Speaking untuk Santri di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar

Terkini

Adsense