Iklan

Kemenkeu RI Berikan Tambahan Dana Desa untuk 74 Kute di Aceh Tenggara

REDAKSI
9/29/23, 07:45 WIB Last Updated 2023-09-29T00:45:56Z
Aceh Tenggara - Sebanyak 74 kute (desa) di Kabupaten Aceh Tenggara menerima alokasi tambahan dana desa senilai Rp10.333.508.000 dari Kementerian Keuangan RI sebagai bentuk penghargaan atas kinerja pemerintah desa masing-masing.

Penjabat Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir, M.Si melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kute, Jamrin Desky SE didampingi Kadis Kominfo Zul Fahmy dalam keterangan persnya Kamis (28/9) mengatakan, pemberian alokasi tambahan dana desa tahun 2023 dilakukan sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Nomor : S-129/PK/2023 tertanggal 25 September 2023 yang ditujukan kepada kepala daerah penerima dana desa. Dalam surat tersebut sebanyak 74 kute di Aceh Tenggara.

Perdesa menerima senilai Rp139.642.000 alokasi tambahan dana desa tahun 2023 dan ini merupakan penghargaan yang diberikan atas kinerja baik pemerintah desa sembari menguraikan, 74 desa ditetapkan sebagai penerima setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara mengusulkan 385 desa sebagai penerima.

Namun saat diusulkan, terdapat beberapa pertanyaan dalam kuisioner yang diisi, diantaranya tentang tata kelola Pemerintahan Kute. Selain itu, sebagai syarat, pemerintah desa wajib mempersiapkan rencana penggunaan dana desa khusus untuk mendanai kegiatan sesuai prioritas desa dan/atau penanganan bencana alam dan non alam, penanganan bencana El Nino serta dampaknya seperti kekeringan dan sulitnya air bersih, penurunan produktivitas pertanian serta wabah penyakit.

"Penyaluran tambahan dana desa ini akan dilakukan secara sekaligus paling cepat September 2023 dengan terlebih dahulu menyampaikan dokumen persyaratan berupa surat pernyataan komitmen kepala desa,” tambah Jamrin.

Adapun 74 desa penerima alokasi tambahan dana Desa Tahun 2023 tersebar di beberapa Kecamatan. Seperti satu desa di Kecamatan Lawe Alas, sembilan desa di Lawe Sigala-Gala, 16 desa di Bambel, satu desa di Babussalam, 14 desa di Badar, sembilan desa di Darul Hasanah, lima desa di Lawe Bulan, empat desa di Bukit Tusam, satu desa di Babul Rahmah, satu desa di Ketambe, empat desa di Lawe Sumur, tujuh desa di Tanoh Alas, serta dua desa di Kecamatan Leuser.

Menurut Jamrin, Pj Bupati mengharapkan dengan bertambahnya dana desa untuk beberapa kute ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di desa yang mendapatkan tambahan dana kute.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemenkeu RI Berikan Tambahan Dana Desa untuk 74 Kute di Aceh Tenggara

Terkini

Adsense