Iklan

TNI/Polri Apel Gabungan Patroli Karhutla

REDAKSI
2/23/20, 15:08 WIB Last Updated 2020-03-01T00:21:07Z


KOMPAS ACEH | ACEH SELATANTNI/Polri menggelar apel gabungan dalam rangka patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Ie Jeurnih Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

Sasaran Patroli gabungan menyelusuri beberapa wilayah yang dianggap sangat rawan terjadinya kabakaran, terutama lahan perkebunan masyarakat dan juga lahan gambut yang kering diseputaran wilayah Trumon," kata Danramil 09/Trumon Kapten Inf Endang Ruhiyat kepada Kompasaceh.Com, Minggu (23/2/2020).

Patroli tersebut, sambung Endang, juga terkait adanya titik api diwilayah Trumon akibat dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin membuka lahan perkebunan. Kemudian dilokasi tim menemukan titik panas adanya lahan perkebunan yang terbakar. 

"Dengan peralatan yang ada, petugas berupaya memadamkan api tersebut. Dan asap masih muncul akibat sisa dari kebakaran tersebut. Tim terus bersinergi agar kebakaran lahan itu tidak sampai meluas,” Sebutnya.

Ia menambahkan, TNI/Polri dan Dinas terkait lainnya akan terus meningkatkan kewaspadaan dengan rutin melaksanakan patroli gabungan guna pencegahan Karhutla di wilayah Trumon. Dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah membakar lahan.

“Asap yang ditimbulkan dari kebarakan sangat merusak polusi udara dan itu sudah kita rasakan bersama. Tentunya yang menghirup udara itu kita sendiri, mari kita bangkitkan kesadaran kita untuk stop membakar hutan," Imbuhnya.

Muspika dari tiga Kecamatan Trumon, lanjut Endang, akan mengambil tindakan tegas apabila mendapati adanya masyarakat yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan.

“Undang - undang menjelaskan, yaitu, bagi siapa saja yang dengan sengaja membakar hutan akan dikenakan pidana. Untuk itu mari kita bersama - sama menghindari perbuatan yang melanggar hukum tersebut, sebab merusak lingkungan itu bukan saja dapat merugikan diri kita sendiri, tetapi juga dapat merusak orang banyak” tutup Danramil Endang.

Apel dipimpin langsung Danramil 09/Trumon, Kapten Inf Endang Ruhiyat, dan turut hadir personil Koramil 09/Trumon, personil Polsek Trumon, Kompi C 1 Brimob Trumon, dan Pemadam Kebakaran Pos 6 Trumon, beserta sejumlah masyarakat setempat. (MD)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TNI/Polri Apel Gabungan Patroli Karhutla

Terkini

Adsense