Iklan

GTP2 C19 Pidie Masih Menunggu Petunjuk New Normal

REDAKSI
5/28/20, 18:50 WIB Last Updated 2020-05-28T11:50:14Z
Ir. HM. Hasan Yahya, MM,

NOA | Sigli - Pelaksanaan New Normal  Protokol baru dalam beradaptasi dimasa Pandemi Covid-19 akan diberlakukan di Provinsi Aceh, seperti halnya beberapa daerah lain di Indonesia.

Menyangkut dengan rencana Pemprov tersebut, GTP2 C19 Pidie masih menunggu petunjuk dari Gugus Tugas Pusat dan Provinsi. "Kita masih menunggu petunjuk, nantinya kita akan menyesuaikan dengan arahan dan ketentuan New Normal," kata Jubir GTP2 C19 Pidie, Ir. HM. Hasan Yahya, MM, kepada m-Noa.com, Kamis (28/05/2020).

Ditegaskannya, bila sudah ada petunjuk, akan dibahas dalam rapat GTP2 C19, terutama menyangkut evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan, perkembangan terkini, dan langkah konkrit tentang standar penerapan protokol New Normal dalam masyarakat.

"Jadi bila New Normal diterapkan, tentu akan dibahas dalam rapat GTP2 C19, mengenai persiapan awal dalam penerapan, melakukan sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat, sehingga semua orang tahu, dan paham tentang New Normal ini," tegas HM Hasan Yahya.

Terkait dengan update data Covid-19 Pidie, Hasan Yahya menyebutkan,  saat ini Orang Dalam Pantauan (ODP) di Pidie 0, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 Orang. "Pasien PDP ini masih dalam perawatan RSU Rujukan Tgk Chik Ditiro Sigli dan untuk pasien Positif nihil," paparnya.

Untuk diketahui, New Normal istilah yang pertama kali digunakan oleh seorang Investor Teknologi yang juga musisi Amerika Serikat,  Roger MC Namee, pada tahun 2003.

Istilah "Cara Baru" menuju kekeadaan normal dalam konteks baru menjadi populer setelah krisis keuangan AS 2007-2008 dan Resesi Ekonomi Global 2002-2012.
Istilah New Normal ini akan digunakan, seiring menurunnya penyebaran Covid-19 di beberapa negara, merupakan istilah yang dipercaya, bahwa keadaan akan kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

New Normal (Cara/Keadaan Terbaru), yaitu keadaan normal, dengan meninggalkan Old Normal (kebiasaan lama/prilaku lama) dalam kehidupan sehari-hari yang tidak mengindahkan aspek kesehatan.

Dalam Penerapan New Normal dalam masyarakat, nantinya akan mengikuti protokol kesehatan, seperti selalu mencuci tangan, sebelum dan sesudah melakukan aktifitas,dimana setiap fasilitas umum akan menyediakan hand Sanitizer, tempat cuci tangan, selalu memakai masker bila berada ditempat keramaian, juga wajib menjaga kebersihan,kesehatan lingkungan.

Indonesia Kemungkinan akan menerapkan Standar New Normal tahap pertama pada 25 Provinsi yang telah menunjukkan angka reproduksi dasar wabah (R0), merupakan tolak ukur angka reproduksi efektif dibawah 1, dalam penyebaran Covid -19, selama tiga bulan terakhir. Provinsi Aceh, salah satu dari 25 Provinsi di Indonesia yang menenuhi standar tersebut.(AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GTP2 C19 Pidie Masih Menunggu Petunjuk New Normal

Terkini