Iklan

Dua Gampong yang Terlibat Bentrokan di Aceh Selatan Sepakat Berdamai Secara Adat

REDAKSI
6/04/20, 21:38 WIB Last Updated 2021-03-19T13:47:31Z

NOA | ACEH SELATAN - Menyusul bentrokan antara warga Gampong Mata Ie, Kecamatan Pasie Raja dan warga Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, baru - baru ini. Kedua belah pihak dimaksud sepakat berdamai secara adat.

Kesepakatan perdamaian tersebut diputuskan dalam rapat yang dipimpin Sekda H Nasjuddin SH MM di Ruang Rapat Kantor Bupati Aceh Selatan, Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan, Kamis (4/6/2020).

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan Erwiandi S. Sos MSi, unsur Muspika Pasie Raja, unsur Muspika Tapaktuan, para Keuchik, Tokoh Masyarakat, dan pemuda kedua belah pihak.

Sekda H Nasjuddin kepada wartawan seusai rapat mengatakan, agar persoalan ini tidak berlarut - larut, Pemkab Aceh Selatan menawarkan solusi karena tuntutan kedua belah pihak sama.

"Kami menawarkan solusi di tengah - tengah tak memihak. Karena tuntutan kedua belah pihak sama, maka kami tawarkan solusi yang menanggung 1 ekor kerbau dari pihak Pemkab Aceh Selatan," ujarnya. 

Hasil rapat, lanjutnya, kedua belah pihak telah sepakat menggelar perdamaian dalam sebuah kenduri adat yang akan digelar di Lapangan Bola, Ujung Bate, Kecamatan Pasie Raja, pada tanggal 10 Juni 2020 mendatang. 

"Namun untuk keperluan lainnya, seperti bumbu ditanggung bersama. Sedangkan tuntutan ganti rugi dinolkan atau ditiadakan," ucapnya.

Sebelumnya, Camat Pasie Raja, Anakhi SP, dalam rapat sempat menyampaikan sangsi adat yang dituntut oleh pihak Gampong Mata Ie kepada warga Air Pinang berupa 1 ekor kerbau jantan, uang Rp.10 juta dan 1 buah balai.

Sedangkan, Camat Tapaktuan, Halim Bahri SE juga menyampaikan tuntutan warga Gampong Air Pinang kepada warga Gampong Mata Ie berupa 1 ekor kerbau, uang Rp. 10 juta, 1 Carana, dan ganti rugi terhadap warung yang di jarah saat kejadian. (MUS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dua Gampong yang Terlibat Bentrokan di Aceh Selatan Sepakat Berdamai Secara Adat

Terkini

Adsense